Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat dr R Nina Susana Dewi saat menjadi pembicara pada acara Japri (Jabar Punya Informasi) Edisi
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat dr R Nina Susana Dewi saat menjadi pembicara pada acara Japri (Jabar Punya Informasi) Edisi "Kesiapan Menghadapi Libur Lebaran di Jawa Barat", di Gedung Sate Bandung, Selasa (26/4/2022). (ANTARA/Ajat Sudrajat)

Dinkes Jabar Siagakan 186 Rumah Sakit Sepanjang Jalur Mudik

Nasional Mudik Lebaran Rumah Sakit Jawa Barat Lebaran 2022 Mudik Lebaran 2022 Info Mudik
Antara • 26 April 2022 14:07
Bandung: Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat menyiagakan sebanyak 186 rumah sakit di seluruh perlintasan jalur mudik. Ini sebagai upaya pencegahan terjadinya masalah kesehatan pemudik pada saat pelaksanaan arus mudik Lebaran 2022.
 
"Rumah sakit yang siap di jalur mudik dan balik ada 186 rumah sakit. Kami juga menyiapkan 705 ambulans dari rumah sakit, puskesmas, faskes, dan TNI/Polri," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat Nina Susana Dewi di Gedung Sate Bandung, Selasa, 26 April 2022.
 
Dinas Kesehatan Jawa Barat juga menyiagakan sebanyak 104 motor ambulans untuk melayani terkait kesehatan pemudik. Untuk itu, menurut dia, Dinas Kesehatan Jawa Barat juga bekerja sama dengan dinas terkait seperti Dinas Perhubungan Jawa Barat.
 
Baca: Bandara Internasional Juanda Siapkan 518 Penerbangan Tambahan

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami siaga 24 jam. Termasuk posko 24 jam rumah sakit di luar jalur mudik juga harus siap karena mereka jadi rujukan harus siaga. Jadi, kalau ada pasien sakit ada IGD, semua harus siap terima pasien," kata dia.
 
Pada kesempatan tersebut, Nina memberikan sejumlah tips aman mudik Lebaran saat pandemi covid-19. Tips yang pertama adalah harus sudah divaksin dosis pertama dan kedua atau lebih baik lagi jika sudah menerima vaksin penguat atau booster.
 
Tips lainnya adalah selalu menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan.
 
"Jadi yang namanya covid-19 ini kan belum selesai maka harus tetap 3M yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Jangan sampai saat kita mudik ke kampung halaman bertemu orang terkasih malah kita membawa penyakit (covid-19) ke mereka. Jadi prokes harus tetap dilaksanakan," kata Nina.
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif