Pasokan daging sapi menurun. Foto: Dok/Metro TV
Pasokan daging sapi menurun. Foto: Dok/Metro TV

Pasokan Daging Sapi Menurun Akibat Penyakit Mulut dan Kuku

Nasional Hewan Ternak penyakit menular
MetroTV • 11 Mei 2022 13:37
Lamongan: Di Kabupaten Lamongan, sapi-sapi yang terinfeksi penyakit mulut dan kuku sudah tersebar di 13 desa di lima kecamatan.
 
“Yang sudah terkena sekitar 153 dan yang meninggal sebanyak 4 ekor,” ujar Kepala Dinas Peternakan Lamongan, Moh. Wahyudi dalam tayangan Headline News di Metro TV, Rabu, 11 Mei 2022.
 
Dampak merebaknya penyakit mulut dan kuku sapi ini membuat sejumlah pedagang di Lamongan, Jawa Timur kesulitan mendapatkan pasokan daging sapi. Seluruh pasar hewan di Lamongan ditutup sementara, sehingga membuat pedagang daging terpaksa mencari pasokan sapi keliling dari desa ke desa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal ini dialami oleh para pedagang daging sapi di pasar tradisional Sidoharjo, Kabupaten Lamongan, Jawa timur. Sejak munculnya kabar adanya virus penyakit mulut dan kuku pada ternak sapi, para pedagang mengaku kesulitan mencari supply daging sapi.
 
Salah satu pedagang daging sapi menyatakan, meski pasokan daging sapi terhambat, namun daya beli masyarakat cenderung masih stabil dan harganya masih relatif normal di kisaran Rp130 ribu per kilogram. (Alifiah Nurul Rahmania)
 
(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif