Banjir di Makassar, MI - Lina Herlina
Banjir di Makassar, MI - Lina Herlina

Pengiriman Bantuan dengan Helikopter Batal

Nasional bencana banjir
Muhammad Syawaluddin • 24 Januari 2019 13:25
Makassar: Banjir dan longsor membuat beberapa daerah di Gowa, Sulawesi Selatan, terisolasi lantaran akses putus, khususnya dataran tinggi. Hujan dan angin kencang pun menyulitkan pendistribusian bantuan ke korban bencana.
 
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengatakan telah berkoordinasi dengan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dan Panglima Kodam XIV Hasanuddin Mayjen Surawahadi mengenai distribusi bantuan. Helikopter pun dipinjamkan Kodam XIV untuk pendistribusian bantuan.
 
"Alhamdulillah, helikopter sudah dipinjamkan. Tapi karena cuaca tak memungkinkan, TNI Angkatan Udara membatalkan penerbangan dengan alasan keselamatan," kata Adnan di Gowa, Kamis, 24 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sejak dua hari lalu, beberapa daerah yang terisolasi di Gowa di antaranya Desa Pattallikang, dan Desa Tassese, Kecamatan Manuju Jumlah warga yang mengungsi di Gowa sebanyak 3.534 jiwa.
 
Mereka membutuhkan bantuan berupa seperti makanan, obat-obatan dan pakaian. Namun proses pengiriman bantuan melalui darat tak bisa dilakukan.
 
Beberapa akses menuju Gowa tertutup material longsor. Misalnya di Jembatan yang menghubungkannya Desa Moncongloe dan Desa Tanakaraeng, serta Jembatan yang menghubungkan Desa Pattallikang dan Desa Bissoloro.
 
Selain Gowa, banjir juga menerjang beberapa kecamatan di Makassar di antaranya, Kecamatan Manggala, Tamalate, Tamalanrea, Birngkanaya, Panakkukang. Daerah paling parah terkena banjir yaitu Kecamatan Manggala Ketinggian banjir mencapai 2 meter.
 
Sementara itu, saat ini hujan belum lagi mengguyur hujan di Kota Makassar. Namun, sekitar Pukul 10.00 WITA sempat terjadi hujan disertai angin kencang, tapi hanya terjadi sekitar 15 menit.
 

(RRN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi