ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Pasien Reaktif Covid-19 di Majalengka Tak Jujur

Nasional Virus Korona
Ahmad Rofahan • 22 Mei 2020 11:57
Majalengka: Seorang pasien perempuan membuat repot pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cideres Majalengka karena tidak jujur terkait penyakit yang diderita dan juga riwayat perjalanan.
 
Ketua Gugus Tugas Penangangan Percepatan Covid-19 RSUD Cideres, dr. Egga Bramasta Akidapi, mengatakan pasien tersebut datang ke rumah sakit dengan keluhan sesak nafas.
 
"Akhirnya, pasien tersebut dirawat di ruangan biasa," kata Egga saat dikonfirmasi, Jumat, 22 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Satu Dokter di Indramayu Terkonfirmasi Positif Covid-19
 
Namun setelah diperiksa lebih lanjut oleh dokter, ditemukan sejumlah kejanggalan dalam diagnosanya. Sehingga pasien tersebut dilakukan rapid tes untuk mendeteksi secara dini covid-19.
 
"Ternyata, setelah dilakukan rapid tes, hasilnya reaktif," jelas Egga.
 
Pasien warga Majalengka itu baru berkata jujur kalau sebelumnya pernah berada di Bandung yang merupakan salah satu zona merah di Jawa Barat.
 
Untuk saat ini pasien tersebut sudah dipindahkan ke ruang isolasi dan dilakukan protap penanganan covid-19.
 
Egga menambahkan hasil rapid test pasien ini akan ditindaklanjuti dengan pemeriksaan Swab atau PCR yang kini akan segera diajukan ke Labkesda Provinsi Jawa Barat.
 
Namun hasil ini baru akan keluar kurang lebih satu pekan lamanya. Mengingat yang memeriksakan swab itu banyak hingga harus antri dengan pasien dari daerah lainnya.
 
"Kalau misal hasil swab pasien itu positif, baru kita akan melakukan tracing dan isolasi terhadap perawat yang pernah kontak denganya. Kalau negatif berarti kita aman, tidak diperlukan tindak lanjut lainnya," pungkas Engga.
 

(DEN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif