NEWSTICKER
Pengerjaan proyek runway Bandara Jenderal Besar Soedirman di Purbalingga, Jateng. Foto: ANT/IDHAD ZAKARIA
Pengerjaan proyek runway Bandara Jenderal Besar Soedirman di Purbalingga, Jateng. Foto: ANT/IDHAD ZAKARIA

Purbalingga Kebut Pembangunan Bandara JB Soedirman

Nasional infrastruktur bandara
Liliek Dharmawan • 09 Februari 2020 17:02
Purbalingga: Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, optimistis pembangunan Bandara Jenderal Besar (JB) Soedirman rampung sesuai jadwal. Pemkab Purbalingga menyakini Bandara JB Soedirman bisa beroperasi saat mudik Lebaran 2020.
 
Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Purbalingga Prayitno mengatakan pekan lalu telah dilakukan ada rapat antara Bupati Purbalingga, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan PT AP II.
 
"Dalam rapat tersebut, Direktur PT AP II Muhammad Awaluddin menyatakan pada saat mudik Lebaran, landasan pacu telah bisa digunakan. Sehingga pada masa angkutan Lebaran 2020, telah dibuka layanan penerbangan," kata Prayitno, Minggu, 9 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan data dari AP II, hingga awal Februari, progres pengerjaan Bandara JB Soedirman mencapai 42,7 persen. Rinciannya, landasan pacu 52 persen, apron penerbangan sipil 30% persen, dan apron penerbangan militer 44 persen.
 
Sebelumnya, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan pihaknya telah merampungkan jalan menuju bandara dengan nilai Rp6,49 miliar lebih pada 2019. Sedangkan pada tahun ini, direncanakan pembangunan gerbang masuk bandara.
 
"Biayanya mencapai Rp1 miliar,"┬Łujarnya.
 
Bupati meminta Gubernur Jateng Ganjar Pranowo untuk mendukung aspek pendukung bandara. Di antaranya adalah peningkatan akses destinasi wisata berupa peningkatan ruas jalan antara Serang, Purbalingga hingga ke Baturraden, Banyumas.
 
"Sebab, kawasan setempat merupakan kawasan strategis agropolitan antara Pemalang, Purbalingga, dan Banyumas (Manggamas)," katanya.
 
Dia mengungkap bantuan dari Pemprov Jateng untuk perpanjangan landasan pacu tahun 2019 mencapai Rp37,1 miliar dan telah dibebaskan tanah 69 bidang. Tahun 2020, dialokasikan Rp33 milir untuk pembebasan 55 bidang tanah. Tanah yang bakal digunakan untuk perpanjangan landasan pacu luasnya mencapai 19,5 hektare (ha) dengan perkiraan anggaran Rp160 miliar.
 

 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif