Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya. (Foto: Medcom.id/Gonti Hadi Wibowo)
Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya. (Foto: Medcom.id/Gonti Hadi Wibowo)

Pemprov Sumsel Bentuk Tim Terpadu Cegah Karhutla

Nasional Kebakaran Lahan dan Hutan
Gonti Hadi Wibowo • 07 Februari 2020 13:53
Palembang: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Selatan membentuk tim terpadu pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Pembentukan tim bagian dari komitmen Pemprov Sumsel mencegah karhutla.
 
“Biasanya memasuki Maret sudah ada tanda munculnya titik api. Sehingga kami menyiagakan tim, begitu terjadi karhutla bisa segera diatasi,” kata Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya, Jumat, 7 Februari 2020.
 
Selain tim, Mawardi mengatakan pencegahan karhutla bisa efektif jika masyarakat turut berkontribusi. Pihaknya juga tak segan menjatuhkan sanksi kepada oknum-oknum yang sengaja menyulut api.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kepala daerah harus sigap mengantisipasi. Bila ada titik api harus segera dipadamkan dengan melibatkan peran serta masyarakat sekitar," ungkapnya.
 
Menurutnya dia, Sumsel rawan terjadi karhutla dan bencana alam setiap tahunnya karena kondisi geografis. Karena itu, pihaknya intensif sosialisasi ke desa-desa, terutama yang menjadi titik rawan karhutla.
 
"Paling tidak kita berharap di masa datang karhutla dan bencana alam lainnya dapat kita kurangi melalui upaya preventif sehingga korban dampak bencana dan kerugian dapat kita minimalisasi,” jelasnya.
 

 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif