ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Mantan Pekerja Kontrak Berharap Bantuan Pandemi Covid-19

Nasional Virus Korona
Antonio • 14 Agustus 2020 17:08
Bekasi: Pandemi covid-19 yang terjadi saat ini turut berdampak pada tidak diperpanjangnya kontrak sejumlah buruh. Setidaknya hal itu lah yang dialami Rudy Wibowo, 27, yang tinggal di Kelurahan Margahayu. Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat.
 
Pria yang akrab disapa Rudy ini menceritakan kisahnya yang tak diperpanjang kontrak kerja di tengah pandemi covid-19.
 
Baca: Pemkab Gunungkidul Sediakan Ratusan Spot Internet Gratis untuk Belajar

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia bekerja di salah satu perusahaan di bidang peleburan alumunium kawasan industri Cikarang, Kabupaten Bekasi. Di perusahaan tersebut Rudy sudah bekerja tiga tahun terhitung sejak 2017.
 
Kontrak kerjanya habis dan diperpanjang setiap bulan Juni pada setiap tahunnya. Pada tahun pertama dan kedua sebelum pandemi covid-19, kontrak kerjanya selalu diperpanjang. Namun tahun ini tidak.
 
Meskipun sulit dia memahami bahwa kondisi perusahaan tempatnya bekerja juga tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Pandemi covid-19 membuat pesanan barang ke perusahaannya menurun.
 
"Berhenti kerja gara-gara kontrak habis, ada sekitar 20 orang, alasannya karena kontrak. Gara-gara covid orderan sepi sehingga ada kontrak yang diputus. Ada juga karyawan yang dirumahkan," kata Rudy di Bekasi, Jumat, 14 Agustus 2020.
 
Kini dia menganggur. Beruntung istrinya masih bekerja di salah satu toko retail yang ada di Kota Bekasi. Selain itu Rudy juga telah mencairkan simpanan berupa Jaminan Hari Tua (JHT) di BPJS Ketenagakerjaan.
 
"Bulan ini sudah bisa mencairkan BPJS ketenagakerjaan, klaim JHT bisa buat nyambung (menyambung) hidup sambil mencari pekerjaan. Sekarang kan istri lumayan masih kerja, saya sambil nyari kerja," ungkapnya.
 
Rudy mengaku ingin membuka usaha namun terbentur soal modal. Dia berharap ada bantuan langsung dari pemerintah daerah setempat kepada pekerja yang terdampak pandemi seperti dirinya.
 
"Buat yang kena PHK aja dulu bantuannya nyata aja, uang untuk permodalan kerja," ujarnya.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif