ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Warga Bandung Diimbau Salat Id di Rumah

Nasional Virus Korona PSBB
Roni Kurniawan • 16 Mei 2020 13:20
Bandung: Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bandung mengimbau kepada seluruh umat muslim melaksanakan salat Idulfitri 2020 di rumah. Imbauan dikeluarkan untuk mencegah dan memutus mata rantai wabah covid-19 di Kota Bandung.
 
Ketua MUI Kota Bandung, Miftah Farid, mengajak kepada umat muslim untuk tetap disiplin mengikuti anjuran protokol kesehatan di zona merah termasuk seluruh wilayah di Kota Bandung.
 
"Khusus berkaitan dengan salat Idulfitri kami mengimbau agar dilaksanakan di rumah masing-masing. Insyaallah pahalanya sama," kata Miftah saat dihubungi, Sabtu, 16 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Dinkes Jateng Identifikasi Seluruh Peserta Klaster Gowa
 
Miftah kembali mengingatkan bahwa pelaksanaan salat Idulfitri berjamaah di tempat terbuka berisiko tinggi terjadinya penularan korona. Sehingga diharapkan tahun ini umat Islam di Kota Bandung bisa ikhlas dan bersabar untuk tetap melaksanakan salat Idulfitri di rumah saja.
 
"Karena seperti kita ketahui bahwa penularan itu bisa datang dari seseorang yang tidak diduga. Kita harus menjaga untuk tidak berkerumun," jelas Miftah.
 
Miftah juga meminta kepada para ulama beserta jajaran aparat di tingkat kewilyahan memberikan penjelasan secara baik kepada masyarakat, apabila ada yang bersikukuh ingin tetap menggelar salat idulfitri berjamaah di masjid atau lapangan.
 
"Andaikata ada yang ingin memaksakan hendaklah berusaha maksimal, mengontrol jemaah dan sesuai dengan aturan-aturan menjaga penularan. Jangan sampai kita menyesal karena ada saudara-saudara kita yang asalnya tidak terkena tapi kemudian positif karena penularan waktu salat id," ungkap Miftah.
 
Lebih lanjut Miftah juga menyerukan agar umat muslim turut memanfaatkan kecanggihan teknologi komunikasi untuk memaksimalkna bersilaturahmi. Sehingga masyarakat tetap bisa berkontribusi ikut memutus mata rantai penyebaran korona.
 

(DEN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif