NEWSTICKER
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, di RSJ Menur, Surabaya, Selasa, 17 Maret 2020. Metro TV/ Reno Reksa
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, di RSJ Menur, Surabaya, Selasa, 17 Maret 2020. Metro TV/ Reno Reksa

Pemprov Jatim Siapkan 132 Tempat Tidur untuk Isolasi Korona

Nasional Virus Korona
MetroTV • 17 Maret 2020 19:46
Surabaya: Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, memantau ketersediaan tempat tidur untuk merawat warga yang berstatus ODP (Orang Dalam Pemantauan) di RSJ Menur, Surabaya, Selasa, 17 Maret 2020. Saat ini Pemprov Jatim sudah menyiapkan sebanyak 132 tempat tidur untuk penanganan virus korona.
 
"Misalnya ada masyarakat yang harus diisolasi mandiri di rumah tapi tidak dimungkinkan, maka bisa dibawa ke ruang observasi ini," ujar Khofifah di sela-sela kunjungannya.
 
Baca: Ratusan WNA di Papua Aman dari Covid-19

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Khofifah menjelaskan rinciannya adalah 112 di Rumah Sakit Jiwa Menur yang tersebar di tiga blok berbeda. Sedangkan 20 sisanya ada di RSUD Dokter Soetomo masih dalam tahap finalisasi. Namun kata Khofifah masih ada beberapa faktor lain yang wajib diperhatikan, seperti jumlah tenaga medis, alat pelindung diri (ADP), dan fasilitas penunjang di ruang observasi.
 
Mengenai hal tersebut, Khofifah mengatakan Jawa Timur sudah siap lebih awal dengan melakukan koordinasi dengan ketua tim dokter Pinere (Penyakit Infeksi Emerging dan Re-Emerging), Dokter Sudarsono.
 
"Mudah-mudahan penambahan bed ini akan berseiring dengan berbagai hal yang ingin kita lakukan untuk melindungi warga Jawa Timur," jelas Khofifah.
 
Khofifah menilai jumlah 132 bed dianggap cukup bagi Jawa Timur dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19. Bahkan ketersediaan 132 bed ini nantinya diklaim sebagai hal terbesar yang pernah dilakukan Pemprov Jatim.
 
"Saya rasa ini mungkin yang terbesar yang pernah kita siapkan, se-Indonesia barangkali," pungkas Khofifah. (Reno Reksa)
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif