NEWSTICKER
Ilustrasi - Medcom.id.
Ilustrasi - Medcom.id.

Gempa Magnitudo 5,8 Guncang Laut Seram

Nasional gempa
Antara • 16 Februari 2020 09:07
Sorong: Gempa bumi tektonik bermagnitudo 5,8 terjadi di di laut Seram, Maluku, Minggu, 16 Februari 2020, pukul 08.00 WIT. Getaran gempa dirasakan hingga Kota Sorong, Provinsi Papua Barat.
 
Melansir Antara, Ellya warga Jalan Baru, Kota Sorong, mengatakan dirinya bersama keluarga merasakan guncang gempa tersebut. Namun tidak kuat, hanya sekitar 10 detik.
 
"Guncangan gempa tidak kuat," kata seorang warga Aimas, Kabupaten Sorong, Alen, melansir Antara, Minggu, 16 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sorong, menerangkan hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi memiliki parameter awal dengan magnitudo 5,8. Kemudian dilakukan pemutakhiran menjadi magnitudo 5,6.
 
Episenter gempa terletak pada koordinat 3.37 Lintang Selatan dan 131.49 Bujur Timur. Tepatnya berlokasi di laut dengan jarak 97 km arah Barat Daya Kota Fakfak, Papua Barat, pada kedalaman 16 km.
 
BMKG menjelaskan jenis dan mekanisme gempa bumi merupakan jenis gempa bumi dangkal. Gempa terjadi akibat adanya deformasi batuan aktifitas sesar lokal.
 
Gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault). Guncangan gempa dirasakan di daerah Bula, getaran dirasakan nyata dalam rumah. Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.
 
Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan gempa tidak berpotensi tsunami.
 


 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif