NEWSTICKER
ilustrasi medcom.id/ Muhammad Rizal.
ilustrasi medcom.id/ Muhammad Rizal.

Pemkab Banyuwangi Siapkan Rp8,3 Miliar untuk Ribuan Guru Ngaji

Nasional guru
Amaluddin • 15 Februari 2020 12:19
Banyuwangi: Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menyiapkan insentif untuk guru ngaji sebesar Rp8,3 miliar pada tahun ini. Dana intensif itu akan disalurkan kepada 10 ribu guru ngaji yang tersebar di Banyuwangi.
 
"Buat kami peran guru ngaji tidak kalah pentingnya dari guru di sekolah formal. Karena biasanya peserta ngaji di TPA-TPA itu, anak-anak mulai usia pra sekolah hingga sekolah dasar. Di usia inilah penanaman akhlak mulia pada anak, sangat tepat dilakukan yang bisa didapatkan dari para guru ngaji," kata Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, dalam keterangan tertulis, Sabtu, 15 Februari 2020.
 
Anas mengatakan insentif bagi guru ngaji sebagai bentuk apresiasi dan ucapan terima kasih atas peran dalam dunia pendidikan. Karena selain memberi pendidikan agama, guru ngaji berperan penting membentuk akhlak anak-anak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Maka itu kami berterima kasih atas kegigihan dan keihkhlasan para guru ngaji dalam mendidik putra putri generasi penerus Banyuwangi. Insyaallah ilmu yang telah diberikan ke anak-anak didik akan menjadi amal jariyah yang akan terus membawa manfaat," jelas Anas.
 
Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat, Lukman, menambahkan bahwa Pemkab Banyuwangi telah menyalurkan insentif bagi guru ngaji sejak tahun 2011 hingga 2018. Pada 2019 tidak ada penyaluran insentif, karena fokus pada pembaharuan data jumlah guru ngaji.
 
"Setiap tahun selalu ada pemberian insentif bagi guru ngaji, baru berhenti pada 2019 karena ada pembaharuan data," ujar Lukman.
 
Penyaluran insentif ini disambut gembira oleh para guru ngaji. Hal tersebut dinilai sebagai bentuk apresiasi dan perhatian dari Pemerintah. "Tidak dipungkiri, memang ada guru ngaji yang mengharapkan, karena rutin menerima tiap tahun," ujar Koordinator Guru Ngaji Kecamatan Wongsorejo, Ustaz Ahmad Saifullah.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif