Kedatangan bantuan keperluan tim medis di DIY. (Foto: Istimewa)
Kedatangan bantuan keperluan tim medis di DIY. (Foto: Istimewa)

Rapid Test di DIY Prioritas untuk Petugas Medis

Nasional Virus Korona
Ahmad Mustaqim • 30 Maret 2020 12:22
Yogyakarta: Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memprioritaskan petugas medis menjalani rapid test covid-19. Pertimbangannya, petugas medis adalah pihak paling rentan terjangkit virus lantaran bersinggungan langsung dengan pasien.
 
“Rapid test diprioritaskan untuk tenaga kesehatan yang merawat dan kontak erat dengan kasus di kabupaten atau kota,” kata juru bicara penanganan covid-19 DIY, Berty Murtiningsih, Senin, 30 Maret 2020.
 
Selain itu, Pemerintah DIY juga telah menerima bantuan perlengkapan medis dari Badan Nasional Penangulangan Benana (BNPB). Bantuan itu berupa alat pelindung diri (APD) sebanyak 4.000 set dan 14.400 rapid test kit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Berty, penggunaan rapid test kit bukan untuk melakukan diagnosis. Rapid test hanya untuk identifikasi awal.
 
Baca juga:Warga Tangsel Diminta Maksimal Menjaga Jarak Sosial
 
“Rapid test mempunyai kelemahan pada false negatif. Apabila orang yang dilakukan tes belum membentuk antibodi dalam tubuhnya, hasil akan menunjukkan negatif. Antibodi akan dibentuk setelah tujuh hari infeksi,” kata dia.
 
Ia mengungkapkan, apabila hasil tes menunjukkan negatif harus kembali diulang pada hari ke 10. Apabila hari ke 10 hasilnya positif harus dilanjutkan swab.
 
“Pemeriksaan dengan swab sebanyak dua kali selama dua hari berturut-turut. Bila hasil positif, harus dilakukan pemeriksaan swab dua kali, dua hari,” ungkapnya.
 
Berty menambahkan, bagi orang yang pulang dari daerah terpapar virus korona harus menjalani karantina mandiri. Orang tersebut juga harus melakukan pola hidup bersih dan sehat.
 
“Lalu melakukan physical distancing dan apabila ada gejala sakit bisa melakukan pemeriksaan di fasyankes (fasilitas pelayanan kesehatan),” pungkasnya.
 

(MEL)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif