Presiden Joko Widodo (Jokowi), berkunjung ke ke Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu 5 Oktober 2022.
Presiden Joko Widodo (Jokowi), berkunjung ke ke Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu 5 Oktober 2022.

Jokowi Sebut Tragedi Kanjuruhan Dipicu Kepanikan Hingga Pintu Terkunci

Daviq Umar Al Faruq • 05 Oktober 2022 15:34
Malang: Presiden Joko Widodo (Jokowi) melihat ada beberapa masalah yang menyebabkan terjadinya Tragedi Stadion Kanjuruhan. Namun, ia bakal menyerahkan kewenangan investigasi kepada tim gabungan independen pencari fakta (TGIPF).
 
"Mungkin nanti, tim gabungan independen pencari fakta yang harus melihat secara detail ya. Tetapi sebagai gambaran tadi, saya melihat, problemnya ada di pintu yang terkunci dan juga tangga yang terlalu tajam, ditambah kepanikan. Nanti semuanya akan disimpulkan oleh tim gabungan independen pencari fakta," kata Jokowi saat berkunjung ke Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu 5 Oktober 2022. 
 
Jokowi mengatakan TGIPF bakal mengusut kasus Tragedi Stadion Kanjuruhan dalam waktu satu bulan. Namun, Jokowi meminta agar kasus dapat diselesaikan kurang dari itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau tim gabungan independen itu satu bulan, tapi saya minta juga secepatnya, tidak sampai satu bulan," jelasnya.
 
Baca: Jokowi Kunjungi Korban Tragedi Kanjuruhan 

Selain meminta kepada TGIPF bergerak cepat, Jokowi meminta kepada Menteri PUPR mengaudit seluruh stadion yang ada di Indonesia. Terutama, stadion yang digunakan untuk pertandingan sepak bola.
 
"Kalau untuk audit stadion juga sama, satu bulan juga. Karena kalau kita lihat, di Gelora Bung Karno dengan penonton 80 ribu orang, dibuka 15 menit, semuanya sudah bisa keluar. Sama, saya kira standar-standar itu yang harus kita miliki," jelasnya.
 
Pada kunjungannya ke Malang, Jokowi ditemani Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Menko Polhukam Mahfud MD, Menko PMK Muhadjir Effendy, dan Menpora Zainuddin Amali. 
 
(NUR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif