Pemangkasan pohon di Jalan Ki Mangunsarkoro, Jepara.
Pemangkasan pohon di Jalan Ki Mangunsarkoro, Jepara.

DLH Pangkas Pohon Rawan Tumbang

Nasional musim hujan
Rhobi Shani • 22 November 2019 15:19
Jepara: Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, melakukan pemangkasan pohon. Sejumlah pohon rindang dan tua yang rawan tumbang di sejumlah kawasan dipangkas.
 
Kepala DLH Kabupaten Jepara, Farikha Elida, mengatakan pemangkasan pohon rindang dan tua sudah menjadi kegiatan rutin menjelang musim hujan. Itu untuk mengantisipasi pohon tumbang akibat terpaan angina kencang dan hujan lebat.
 
“Pemangkasan sudah dimulai dari beberapa pekan lalu sampai nanti puncak musim hujan,” ujar Elida, pada Jumat, 22 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemangkasan dimulai dari pohon-pohon besar di kawasan Pasar Jepara Satu. Selanjutnya, pemangkasan pohon dilakukan di Jalan Sutomo. Lalu, pohon-pohon besar di jalan Ki Mangunsarkoro yang dipangkas.
 
“Kami masih terus menyisir pohon-pohon yang rawan tumbang saat musim hujan untuk dipangkas,” kata Elida.
 
Selain pohon di kawasan Jepara Kota, Elida menambahkan, pihaknya juga melakukan pemangkasan pohon rawan roboh di sejumlah desa. Itu seperti di Desa Kedung, Desa Bawu, dan Desa Bandengan. Pemangkasan itu dilakukan atas permintaan warga.
 
“Tidak hanya yang rawan roboh, pohon-pohon yang mengganggu jaringan listrik juga dipangkas,” ungkap Elida.
 
Pantauan Medcom.id, di Jalan Ki Mangunsarkoro sejumlah pohon di sisi kanan dan kiri jalan ada yang dipangkas. Sejumlah pekerja merapikan ranting pohon. Ada pula yang menaikan potongan batang dan ranting pohon ke atas truk.
 
Terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Jepara, Dian Kristiandi, meminta kesiapsiagaan organisasi perangkat daerah (OPD) menghadapi musim hujan. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) segera menyelesaikan proyek infrastruktur sebelum musim hujan tiba.
 
“Kesiapsiagaan tidak hanya bagi temen-teman di OPD, tapi juga di wilayah para camat juga harus memantau lingkungannya masing-masing. Mengingat pada musim hujan beragam jenis penyakit biasanya juga muncul di masyarakat,” tandas Dian.
 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif