Menteri Agama, Fachrul Razi di Pondok Pesantren Al Munawir Krapyak Yogyakarta, Kamis, 12 Desember 2019. Medcom.id/Ahmad Mustaqim
Menteri Agama, Fachrul Razi di Pondok Pesantren Al Munawir Krapyak Yogyakarta, Kamis, 12 Desember 2019. Medcom.id/Ahmad Mustaqim

Menag Ingatkan Santri Bentengi Diri dari Kejahatan

Nasional santri
Ahmad Mustaqim • 12 Desember 2019 16:24
Bantul: Menteri Agama, Fachrul Razi mengatakan santri di pondok pesantren memiliki modal penting menjalani kehidupan. Terlatih di lingkungan agamis, ada faktor lain yang perlu diperhatikan santri kelak saat menyelesaikan pendidikan.
 
"Kalian di sini dilingkungi oleh orang baik-baik. Tapi waspadai, kalau habis dari sini ketemu di dunia nyata, banyak juga yang mengajak kalian untuk jahat," kata Fachrul di Pondok Pesantren Al Munawir Krapyak Yogyakarta, Kamis, 12 Desember 2019.
 
Fachrul meminta para santri bisa memahami perbedaan kehidupan di lingkungan pesantren dan masyarakat umum. Ada banyak godaan yang jarang ditemui Santi saat menjalani kehidupan di pesantren.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Fachrul mencontohkan soal menggiurkannya tawaran pendapatan keuangan di sejumlah lapisan kehidupan masyarakat, termasuk menduduki jabatan tertentu.
 
"Orang jahat ngajaknya enak. Kalau kamu tinggal tanda tangan, dapat kok Rp10 mikiar, dapat Rp2 miliar. Jadi enak banget kan," jelas Fachrul.
 
Menurut Fachrul jika santri bisa tergiur oleh tawaran yang sifatnya duniawi itu akan menimbulkan efek buruk. Citra dirinya sebagai sosok jebolan dari dunia pendidikan agamis akan ternodai.
 
Selain itu, kata dia, institusi pendidikan yang pernah menaunginya akan ikut terseret. Fachrul meminta para santri bisa menyiapkan diri menjaga benteng menjalani kehidupan.
 
"Kalau kalian tergoda akan memalukan kalian memalukan (Pondok Pesantren) Krapyak misalnya, dan memalukan bangsa. Kalian itu orang baik-baik. Perlu terus belajar dan dibimbing," pungkas Fachrul.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif