Sa'dullah Affandi (baju biru) berbincang dengan keluarga Carmi di Cirebon. Foto: Medcom.id/Ahmad Rofahan.
Sa'dullah Affandi (baju biru) berbincang dengan keluarga Carmi di Cirebon. Foto: Medcom.id/Ahmad Rofahan.

Majikan Minta Waktu 2 Bulan Bayar Gaji Carmi

Nasional tki
Ahmad Rofahan • 13 September 2019 07:02
Cirebon: Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Riyad terus mengawal kasus Carmi, Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Cirebon yang sempat dilaporkan hilang selama 31 tahun. Atase Ketenagakerjaan KBRI Riyad, Sadullah Affandi mengatakan pihaknya sudah memanggil majikan Carmi untuk segera membayarkan seluruh gaji Carmi.
 
Pria yang akrab dipanggil Sa'dun itu menuturkan majikan Carmi meminta waktu hingga dua bulan untuk bisa membayar seluruh gaji Carmi. Majikan beralasan harus menjual beberapa aset miliknya terlebih dahulu.
 
"Katanya mau jual kebun kurmanya dulu, baru nanti bayar," ujar Sa'dun saat mengunjungi keluarga Carmi di Cirebon, Kamis malam, 12 September 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Agar tidak mangkir, KBRI Riyad membuat perjanjian dengan sang majikan. Jika nanti majikan tidak menepati janjinya, pihak KBRI siap membawanya ke jalur hukum.
 
"Akan terus kita kejar. Kalau tidak bayar, akan kita bawa ke jalur hukum," tegasnya.
 
Untuk saat ini, KBRI Riyad masih belum bisa memulangkan Carmi ke Indonesia, hingga hak-hak dari warga Desa Rawaurip, Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon itu terbayarkan.
 
Jika Carmi pulang ke Indonesia sebelum semuanya terbayarkan, maka prosesnya akan lebih sulit. Sehingga ia meminta kepada keluarga Carmi untuk bersabar dan berdoa untuk kelancaran proses pembayaran ini.
 
"Karena sebelum majikan memenuhi hak-hak Carmi, kita tidak akan memulangkan Carmi. Sebab kalau sudah dipulangkan sedangkan hak Carmi belum dipenuhi ya nanti tidak terbayarkan," katanya.
 
Carmi binti Ilyas, merupakan TKW asal Cirebon yang dikabarkan hilang selama 31 tahun. Carmi berangkat ke Arab Saudi sejak 1988.
 

(HUS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif