Ilustrasi - Medcom.id.
Ilustrasi - Medcom.id.

Tahun Depan Jateng Punya Dua Bandara Baru

Nasional bandara
Mustholih • 28 November 2019 17:57
Semarang: Provinsi Jawa Tengah bakal punya dua bandar udara baru. Bandara itu rencananya bakal dioperasikan pada akhir 2020 untuk pesawat jenis ATR 42 MTOW dan ATR 72 MTOW.
 
Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah, Satriyo Hidayat, mengatakan proyek pembangunan fisik pada dua bandara itu sedang dikerjakan. Bahkan, sejumlah pekerjaan tahap pertama seperti runway, pagar, dan pagar sudah selesai dibangun.
 
"Dengan capaian ini, kami optimistis pada akhir 2020, ke dua bandara ini bisa beroperasi," kata Satriyo, di Semarang, Jawa Tengah, Kamis, 28 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ke dua bandara baru yang dimaksud Satrio ialah Bandara Ngloram, Blora; dan Bandara Jenderal Soedirman, Purbalingga. Saat dioperasikan, panjang runway Bandara Ngloram mencapai 1.200 meter, sedangkan Bandara Jenderal Soedirman mencapai 1.600 meter.
 
"Nanti, pembangunan runway di dua bandara itu akan ditingkatkan mencapai 2.600 meter," ujar Satriyo menegaskan.
 
Namun, kata Satriyo, Bandara Ngloram dan Bandara Jenderal Soedirman kemungkinan belum bisa melayani penerbangan reguler.
"Sementara baru charter flight. Penerbangan reguler nanti kalau panjang runway sudah memenuhi standar dan pembangunan terminal sudah selesai," jelas Satriyo.
 
Satriyo optimistis ke depan minat masyarakat Jateng terhadap dua bandara ini cukup tinggi. Sebab, Bandara Ngloram cukup dekat dengan Blok Cepu dan beberapa daerah di Jawa Timur seperti Bojonegoro, Tuban, dan Ngawi.
 
Sedangkan, Bandara Jenderal Soedirman, Purbalingga, cukup dekat dengan Cilacap yang merupakan kawasan industri di Jateng. Selain itu, bandara ini menjadi satu-satunya akses masyarakat Jateng bagian Selatan.
 
"Masyarakat Jateng bagian Selatan sudah pasti akan memanfaatkan bandara itu untuk bepergian. Bandara Tunggul Wulung di Cilacap nanti tidak akan digunakan untuk penerbangan reguler. Hanya untuk sekolah penerbangan," ujarnya.
 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif