Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

Polisi Segera Gelar Perkara Kasus Korupsi Dana PAUD

Nasional kasus korupsi
Muhammad Syawaluddin • 19 September 2019 20:10
Makassar: Kepolisian Resor Bone dalam waktu dekat akan menerapkan tersangka dalam kasus dugaan kasus korupsi bantuan operasional Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dinas Pendidikan Kabupaten Bone senilai Rp27 miliar.
 
Kapolres Bone, AKBP Muhammad Kadarislam Kasim, mengatakan setelah penggeledahan secara serentak di berbagai instansi oleh Polres Bone dan Satuan Tipikor Polda Sulsel, pihaknya segera melakukan gelar perkara.
 
"Mudah-mudahan pekan depan sudah bisa gelar perkara penentuan tersangka," kata Kasim saat dikonfirmasi di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis, 19 September 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kasim menjelaskan penggeledahan yang dilakukan di beberapa lokasi tersebut termasuk rumah jabatan Wakil Bupati Bone, Ambo Dallle tersebut untuk melengkapi data penyelidikan.
 
Namun Kasim tidak mengetahui dokumen apa saja yang diambil pascapenggeledahan yang dilakukan oleh Tipikor Polda Sulsel, karena barang bukti tersebut langsung dibawa ke Mapolda Sulsel untuk diperiksa lebih lanjut.
 
"Untuk rinciannya (dokumen hasil sitaan) ada di Polda, karena (barang bukti) itu langsung dibawa ke Polda, nanti Polda yang beritahu apa saja yang disita," jelas Kasim.
 
Sebelumnya Polres Bone bersama Satuan Tipikor Polda Sulsel melakukan penggeledahan di beberapa instansi di Kabupaten Bone, salah satunya adalah Rumah Jabatan Wakil Bupati Bone, Ambo Dalle.
 
Penggeledahan tersebut dilakukan terkait kasus dugaan korupsi bantuan operasional Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dinas Pendidikan Kabupaten Bone.
 
Instansi yang digeledah oleh Tipikor Polda Sulsel yakni Kentor Dinas Keuangan Kabupaten Bone, Kantor Bidang PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan Kabupaten Bone. Dari hasil penggeledahan itu sejumlah dokumen diamankan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.
 
Penggeledahan ini merupakan buntut dari kasus korupsi yang ditangani oleh Polres Bone yakni pengadaan buku di Taman Kanak-kanak pada tahun 2017 dan 2018. Dengan total anggaran Rp27 miliar.
 
Dalam hitung-hitungan pihak kepolisian, kasus korupsi ini mengakibatkan kerugian negara mencapai sekitar Rp4 Miliar. Namun pihak kepolisian masih menunggu hitungan resmi dari dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk mengatahui kerugian negara.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif