Ilustrasi - Medcom.id.
Ilustrasi - Medcom.id.

37 Kg Sabu Disita Polda Sulsel Sepanjang 2019

Nasional sabu
Muhammad Syawaluddin • 31 Desember 2019 07:50
Makassar: Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan mencatat sebanyak 37 kilogram narkotika golongan satu jenis sabu disita sepanjang 2019. Total 2.761 tersangka kasus narkotika diproses hukum.
 
"Ditresnarkoba sendiri berhasil menyita sebanyak 12 kilogram, tapi keseluruhan itu 37 kilogram dari seluruh polres di Sulawesi Selatan," kata Direktur Reserse Narkoba Polda Sulsel, Kombes Hermawan di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin, 30 Desember 2019.
 
Polrestabes Makassar terbanyak melakukan pengungkapan dan menyita narkotika dengan total 14 kilogram. Sedangkan tersangka yang diproses hukum sebanyak 655 orang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ditresnarkoba Polda Sulsel juga menyita ribuan pil ekstasi. Total sebanyak 1.807 butir pil ekstasi telah digagalkan penyebarannya di Sulawesi Selatan.
 
"Sementara untuk ganja yang berhasil disita itu sebanyak tujuh kilogram lebih," imbuhnya.
 
Pengungkapan tersebut berdasarkan 1.996 laporan yang ada di semua polres di Sulawesi Selatan. Dengan jumlah laporan selesai sebanyak 1.964 kasus. Pelaku didominasi oleh laki-laki dengan 1.532 tersangka dan melibatkan 229 perempuan.
 
Pada 2019 ini, ada dua kasus yang paling menonjol yang ditangani Ditresnarkoba Polda Sulsel yakni pengungkapan peredaran sabu delapan kilogram pada Maret lalu, dengan dua tersangka. Sabu dibawa dari Sulawesi Tengah menuju ke Kabupaten Pinrang.
 
Kemudian pengungkapan peredaran sabu lima kilogram dengan tersangka Syahrul alias Chalu, yang ditembak mati. tersangka ditembak karena melawan petugas saat pengembangan kasus pada 9 Desember 2019.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif