Karhutla di Bolmong Kebanyakan di Lahan Pertanian
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal
Manado: Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali terjadi di beberapa wilayah Kabupaten Bolaan Mongondow (Bolmong), Sulawesi Utara.  Titik api kebanyakan terpantau di wilayah pertanian warga, sepanjang kawasan Pantai Utara dan kaki Gunung Ambang.

"Kami sudah berkoordinasi dengan lintas instansi dan pemerintah di lokasi-lokasi yang terjadi kebakaran untuk segera melakukan pemadaman," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolmong Haris Dilapanga kepada Medcom.id, Rabu, 12 September 2018, di Lolak, Bolmong, Sulawesi Utara.

Dia menyebutkan titik kebakaran lahan terjadi di sepanjang wilayah Pantai Utara mulai dari Kecamatan Poigar hingga Santongbolang. Tempat lainnya di wilayah kaki Gunung Ambang dan Kecamatan Inobonto.


Pihaknya menemui kendala dalam proses pemadaman. Apalagi, BPBD Bolmong tidak didukung dengan perlatan memadai.

"Kendalanya kami hanya memiliki satu unit mobil tangki air bersih yang juga difungsikan untuk memadamkan api," ungkapnya.

Haris juga menyebut pihaknya belum menghitung luas dan kerugian yang ditimbulkan akibat karhutla. Saat ini pihaknya masih fokus proses pemadaman.



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id