Pemudik menerobos hujan saat melintas di jalur Pantura, Widasari, Indramayu, Jawa Barat. (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/rwa.)
Pemudik menerobos hujan saat melintas di jalur Pantura, Widasari, Indramayu, Jawa Barat. (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/rwa.)

Sejumlah Provinsi Berpotensi Hujan saat Lebaran 2022

Nasional hujan cuaca ekstrem cuaca buruk BMKG Hujan Deras
Antara • 02 Mei 2022 06:59
Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan masyarakat untuk waspada akan potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang di sejumlah provinsi saat perayaan Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran 2022, Senin, 2 Mei 2022.
 
Dalam sistem peringatan dini cuaca, BMKG memprakirakan wilayah yang berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang seperti di Aceh, Bali, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta.
 
Kemudian Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku, Maluku Utara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lalu di Nusa Tenggara Barat, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, dan Sumatra Selatan.
 
Baca juga: Waspada! Jakbar, Jaksel, dan Jaktim Berpotensi Diguyur Hujan Disertai Kilat
 
Sebelumnya, BMKG mengimbau pemudik yang menggunakan jalur darat memperhatikan informasi cuaca, terlebih masa mudik Lebaran tahun ini bertepatan dengan pancaroba.
 
Deputi Meteorologi BMKG Guswanto dalam siniar daring dipantau di Jakarta, mengatakan pemudik diimbau selalu memperbarui informasi cuaca agar tetap berhati-hati membawa kendaraan sehingga perjalanan mudik menjadi aman dan nyaman.
 
"Dengan adanya info cuaca kita itu bisa mengetahui di depan itu ada apa. Misalkan hujan ataupun ada tidak, itu kita perlu lihat. Jadi jangan hanya melihat POM bensin sama Google jalurnya ke mana," kata dia.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif