Longsor di Kabupaten Lebak, Banten. DOK BNPB
Longsor di Kabupaten Lebak, Banten. DOK BNPB

Gedung Sekolah di Lebak Terdampak Longsor

Nasional tanah longsor bencana longsor pergerakan tanah
Lukman Diah Sari • 31 Oktober 2020 07:50
Jakarta: Bencana longsor terjadi di Kampung Tegalumbu, Desa Wana Sari, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten, pada Jumat, 30 Oktober 2020. Hujan deras dan pergerakan tanah memicu terjadinya longsor.
 
“Peristiwa tersebut berdampak pada bangunan sekolah, yakni SMA N 3 Cibeber, dengan kerusakan dua ruang kelas berukuran 8x9 meter, satu ruang perpustakaan berukuran 8x9 meter dan satu bangunan musala,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Raditya Jati, Sabtu, 31 Oktober 2020.
 
Dia menerangkan, Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Lebak telah berkoordinasi dengan BPBD Banten, kecamatan, sekolah dan masyarakat untuk memantau dan mendata di lokasi kejadian. Dia menyebut, nihil korban jiwa dari peristiwa bencana tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Waspada Bencana, Warga Purbalingga Diminta Rajin Siskamling
 
“Untuk kerugian masih didata,” ujarnya.
 
Jati mengingatkan, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan Banten bakal diguyur hujan lebat disertai petir dan angin kencang, hingga Sabtu, 31 Oktober 2020. Dia menerangkan, tingkat intensitas curah hujan selama musim hujan pada akhir 2020 dan awal 2021 terjadi peningkatan mencapai 40 persen akibat fenomena La Nina.
 
“Pemangku kebijakan dan masyarakat diharapkan dapat melakukan upaya mitigasi bencana dampak dari fenomena La Nina, seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, pergerakan tanah, angin puting beliung dan angin kencang,” tukasnya.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif