ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

113 Nakes di Kabupaten Cirebon Terpapar Covid-19

Nasional Virus Korona protokol kesehatan
Ahmad Rofahan • 13 November 2020 15:05
Cirebon: Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon mencatat sebanyak 113 Tenaga Kesehatan (Nakes) di wilayah Kabupaten Cirebon, terpapar covid-19 selama masa pandemi ini.73 di antaranya dinyatakan sembuh dan 38 lainnya masih menjalani perawatan.
 
"Dua nakes lainnya meninggal," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Eni Suhaeni, Jumat, 13 November 2020.
 
Dampak dari adanya nakes yang terkonfirmasi positif covid 19 tersebut, membuat sejumlah pelayanan kesehatan di Kabupaten Cirebon sempat terganggu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal tersebut dikarenakan, tempat bekerja para nakes terpaksa ditutup sementara untuk dilakukan sterilisasi menggunakan disinfektan dan juga tracing kontak erat.
 
Eni juga memerinci dari jumlah 113 nakes yang terpapar 62 di antaranya yaitu tenaga kesehatan yang bertugas di puskesmas.
 
Baca:Daerah Terdampak Potensi Erupsi Merapi Diminta Siapkan Skenario Terburuk
 
Eni juga mengatakan, untuk saat ini, ada sekitar tiga puskesmas di Kabupaten Cirebon yang terpaksa memberhentikan pelayanannya sementara. Hal itu dilakukan, karena ada nakes di Puskesmas tersebut yang terkonfirmasi positif.
 
"Yang saat ini ditutup, Puskesmas Losari, Puskesmas Sedong dan Puskesmas Sidamulya," kata Eni.
 
Sebagai bentuk pencegahan, Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon menyiapkan sebanyak 50 VTM setiap Puskesmas, untuk digunakan tes swab kepada nakes yang bertugas di Puskesmas.
 
Swab tersebut nantinya, akan terus dilakukan secara rutin setiap bulan, untuk memastikan kesehatan nakes yang bekerja di puskesmas.
 
(ALB)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif