Ilustrasi - Medcom.id.
Ilustrasi - Medcom.id.

Dugaan Pungli SMAN 7 Tangsel Masih Didalami

Nasional pungutan liar
Hendrik Simorangkir • 15 Agustus 2019 20:01
Tangerang: Inspektorat Banten masih mendalami dugaan pungutan liar duit seragam dan buku di SMA Negeri 7 Tangerang Selatan. Kepala SMA Negeri7 Tangerang Selatan telah diperiksa, namun hasil pemeriksaan belum disimpulkan.
 
"Belum bisa memutuskan karena belum dilakukan klarifikasi terhadap pihak pengadunya," ujar Kepala Inspektorat Banten E Kusmayadi, Kamis, 15 Agustus 2019.
 
Kusmayadi mengatakan klarifikasi terhadap pelapor dugaan pungli untuk menentukan kasus tersebut kesalahan pihak sekolah atau kesalahpahaman. Sehingga pihaknya perlu keterangan dari pengadu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Secepatnya kita panggil orangtua tersebut. Atau kemungkinan bisa dilakukan undangan langsung, tapi kita butuh orang yang dirugikan," imbuhnya.
 
Baca:SMA Negeri 7 Tangerang Selatan Segera Diaudit
 
Dia mengungkap Kepala Sekolah SMAN 7 Tangsel telah diperiksa oleh petugas satuan pengaduan masyarakat Inspektorat Banten. Dari pemeriksaan itu diketahui pihak sekolah menyediakan seragam melalui koperasi.
 
"Saya ingin mengetahui apakah ini merupakan sifatnya imbauan atau memang diminta secara formal wajib untuk membayarnya," jelasnya.
 
Orangtua siswa yang anaknya diterima di SMA Negeri 7 Tangerang Selatan mengeluhkan adanya pungutan liar duit seragam dan buku. Pihak sekolah mewajibkan membeli buku penunjang yang dipaketkan dengan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) seharga Rp1,8 juta.
 
"Saat daftar ulang kita diminta membayar buku tersebut. Tidak disebutkan jumlah bukunya. Dipukul rata antara siswa yang masuk IPA dan IPS," ujar salah satu orangtua siswa SMAN 7 Tangsel kepada Media Indonesia.
 
Pihak sekolah juga mewajibkan siswa membeli seragam berupa baju batik, satu setel pakaian olahraga, seragam pramuka, dan baju koko, serta badge, topi, dan ikat pinggang yang total harganya Rp950 ribu.
 
"Anehnya tidak diberi seragam putih abu-abu. Terpaksa kita beli sendiri di luar," imbuhnya.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif