Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

BPK Temukan Desa Fiktif di Jatim

Nasional dana desa
Amaluddin • 08 November 2019 19:30
Surabaya: Keberadaan desa fiktif sepertinya tidak hanya ditemukan di Provinsi Sulawesi Tenggara. Di Jawa Timur, Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Jatim juga menemukan desa fiktif.
 
"Iya ada temuan (desa fiktif)," kata Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Jatim, Harry Purwaka, di Surabaya, Jumat, 8 November 2019.
 
Namun Harry enggan mengungkap dimana dan ada berapa jumlah desa fiktif di Jatim. Dia hanya mengatakan bahwa temuan desa fiktif itu, berdasarkan hasil pemeriksaan keuangan di Jatim tahun 2018 lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tahun lalu, kami melakukan pemeriksaan kinerja terkait pembinaan dan pengawasan dana desa, yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah secara berkala," jelas Harry.
 
Mantan Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Riau itu, mengatakan akan terus melakukan pemeriksaan kinerja terkait pembinaan dan pengawasan dana desa. Mengingat ia pernah menemukan desa fiktif di Jatim tahun lalu.
 
"Ada beberapa catatan yang kita minta dan rekomendasikan untuk diperbaiki oleh Pemda tersebut," beber Harry.
 
Harry menyatakan bakal menelusuri terkait penambahan desa, sejak adanya dana desa yang digelontorkan oleh pemerintah pusat. Harry tidak ingin keberadaan dana desa muncul desa-desa baru (fiktif) untuk mendapat aliran dana desa.
 
"Penambahan desa ini akan kami telusuri. Apakah memang ada penambahan jumlah desa sejak adanya dana desa apa tidak, yang jelas ada temuan di tahun lalu," pungkas Harry.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif