Uang palsu yang beredar di Gowa, Sulawesi Selatan. Foto: Antara/Abriawan Abhe
Uang palsu yang beredar di Gowa, Sulawesi Selatan. Foto: Antara/Abriawan Abhe

Keterlibatan Suami Pengedar Uang Palsu di Gowa Diselisik

Nasional uang palsu
Muhammad Syawaluddin • 29 Desember 2019 02:07
Makassar: Penyidik Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Gowa memeriksa suami dari Hermawati, 26, tersangka pengedar uang palsu (upal). Pemeriksaan guna menelisik sejauh mana keterlibatan suami tersangka.
 
"Iya sudah diperiksa," kata Kasubag Humas Polres Gowa AKP M. Tambunan, saat dikonfirmasi di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu, 28 Desember 2019.
 
Tambunan mengatakan pemeriksaan juga guna mencari tahu sumber uang palsu yang digunakan pelaku di Pasar Induk Minasa Maupa, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Pasalnya, Hermawati sempat menyebut bahwa uang palsu sebanyak Rp10 juta yang digunakannya merupakan hasil menjual lukisan suaminya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tapi, pada pemeriksaan selanjutnya ada perbedaan keterangan yakni uang tersebut didapatnya di dalam toilet di salah satu SPBU di Kota Palopo," ujarnya.
 
Setidaknya sudah tiga orang saksi yang menjalani pemeriksaan atas kasus peredaran uang palsu bernilai jutaan rupiah tersebut. Termasuk, suami tersangka yang belum dipublikasikan identitasnya.
 
Penyidik Polres Gowa juga telah melakukan penggeledahan di rumah tersangka di Jalan Mapala, Kecamatan Rappocini, Makassar, Sulawesi Selatan. Namun, alat atau mesin cetak yang diduga digunakan oleh tersangka tidak ada.
 
Tersangka peredaran uang palsu Hermawati ditangkap setelah melakukan aksinya di Pasar Induk Minasa Maupa, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Hermawati tertangkap tangan petugas keamanan pasar tradisional tersebut.
 
Tersangka kemudian dibawa ke Polsek Somba Opu untuk dilakukan pemeriksaan. Setelah diperiksa, polisi menyita uang palsu senilai Rp9,6 juta dalam pecahan Rp100 ribu. Saat ini, perempuan tersebut ditahan di Mapolres Gowa untuk menjalani pemeriksaan lanjutan.
 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif