Wali kota Tangerang Arief R. Wismansyah. Medcom.id/Hendrik Simorangkir
Wali kota Tangerang Arief R. Wismansyah. Medcom.id/Hendrik Simorangkir

Pemindahan Ibu Kota Mengurangi Kepadatan Kota Tangerang

Nasional pemindahan ibukota Ibu Kota Baru
Hendrik Simorangkir • 30 Agustus 2019 17:39
Tangerang: Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah mendukung pemindahan ibu kota ke Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Arief menyebut pemindahan ibu kota bisa mengurangi kepadatan di wilayah penyangga Jakarta.
 
"Ya kita dukung. Supaya mengurangin kepadatan penduduk di wilayah penyangga terutama di Kota Tangerang," kata Arief di Kota Tangerang, Jumat, 30 Agustus 2019.
 
Arief menjelaskan pindah ibu kota hanya untuk pusat pemerintahan, pusat bisnis tetap berada di Jakarta. Arief juga memastikan Kota Tangerang tetap menjadi peluang bisnis juga.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi saya pikir, bandara terbesar (Bandara Soelarno-Hatta) di Indonesia itu kan di Kota Tangerang, ini menjadi peluang bagi kita untuk menjadi pusat bisnis," jelas Arief.
 
Ketika ditanya soal dampak setelah nanti sudah tidak jadi wilayah penyangga Ibu Kota, Arief belum bisa menduga dampak pemindahan ibu kota untuk Kota Tangerang.
 
"Kan kita belum tahu, dampaknya itu seperti apa. Tapi kalau melihat, misalnya seperti Malaysia ketika pusat pemerintahannya pindah ke Putra Jaya, itu enggak jauh dari Kuala Lumpur, itu tetap berkembang," pungkas Arief.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif