Ilustrasi - Medcom.id.
Ilustrasi - Medcom.id.

Gempa Susulan 5,5 SR Guncang Perairan Ternate

Nasional gempa bumi
Antara • 08 Juli 2019 14:21
Manado: Gempa susulan dengan magnitudo 5,5 skala richter (SR) kembali mengguncang wilayah perairan di 141 kilometer barat daya Ternate, Provinsi Maluku Utara, Senin, 8 Juli 2019. Gempa terjadi pukul 13.20 WIB.
 
"Gempa tersebut berada pada kedalaman 10 kilometer di sekitar lokasi gempa utama magnitudo 7,0 SR tidak berpotensi tsunami," kata Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Geofisika Winangun-Manado, Edward H Mengko, melansir Antara, Senin, 8 Juli 2019.
 
Sebelumnya, belasan gempa susulan sempat terjadi pascagempa utama pada Minggu, 7 Juli 2019, malam, di wilayah perairan antara Sulawesi Utara dan Maluku Utara. Sebanyak 16 gempa susulan terekam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Lokasi gempa susulan terjadi di seputar lokasi gempa utama yaitu sekitar Barat Daya Ternate, Provinsi Maluku Utara," sebut Edward.
 
Dia mengatakan rentang kekuatan gempa susulan yang terekam berkisar antara magnitudo 3,8 hingga 4,9 SR. Dia menyebut dari hasil observasi alat pengukur pasang surut air laut tidak ditemukan adanya anomali permukaan air laut.
 
"Hingga kini belum ada informasi terjadinya kerusakan bangunan dan infrastruktur termasuk kerusakan yang paling parah," sebut Edward.
 
Dia meminta warga untuk tetap tenang dan waspada. Masyarakat diminta merujuk laman resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).
 
"Jangan mudah percaya informasi-informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya," ajak Edwad.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif