Ilustrasi/Medcom.id.
Ilustrasi/Medcom.id.

Napi Kendalikan Sabu dari Dalam Lapas Tarakan

Nasional narkoba
26 Juni 2019 23:51
Tarakan: Badan Narkotika Kota (BNK) Tarakan, Kalimantan Utara mengungkap keterlibatan oknum napi yang mengendalikan peredaran sabu-sabu dari dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tarakan. Pengungkapan peredaran sabu ini tak lepas dari laporan masyarakat setempat.
 
Kepala BNK Tarakan Agus Surya Dewi mengungkapkan, penangkapan yang dilakukan personel BNK bermula dari temuan sabu seberat 99,1 gram dari seorang wanita yang berinisial SG, 32, saat menunggu seseorang yang hendak mengambil dan membeli sabu.
 
“Sebenarnya tersangkanya yang perempuan berinisial SG, setelah dikembangkan, akhirnya suaminya juga ikut,” ungkap Dewi di Kantor BNK Tarakan, Rabu, 26 Juni 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setelah diselidiki, tersangka SG menyebutkan, sabu tersebut didapatkan dari suaminya berinisial SK, 40, yang saat ini sedang menjalani hukuman sebagai narapidana dengan kasus yang sama di Lapas Tarakan.
 
“Asal sabu dari luar, tapi pengendalinya dari dalam lapas,” terang Dewi.
 
Dari pengakuan tersangka, ini merupakan kali kedua suaminya terjerat kasus narkoba. Sebelumnya, pada tahun 2017, tersangka juga di tangkap aparat dengan kasus yang sama.
 
“Dari pengakuan suaminya, ini kali kedua ditangkap, karena suaminya didalam lapas maka digunakanlah istrinya sebagai kurir,” jelasnya.
 
Pihak BNK Tarakan kemudian menghancurkan barang bukti sabu sebanyak 98,1 gram oleh tersangka dengan cara dimasukan kedalam air, kemudian dibuang melalui closet. Sementara, 1 gram sisanya dijadikan sebagai bukti di persidangan.
 
Saat ini berkas kedua tersangka sudah dilimpahkan ke kejaksaan. Kedua tersangka dijerat Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, pasal 114 ayat 2 dan pasal 112 ayat 2 serta pasal 132 dengan Percobaan atau permufakatan jahat dengan ancaman hukuman minimal 5 tahun penjara dan denda minimal Rp1 milyar. (Muhammad Reza)
 

(DMR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif