Capres NasDem Anies Baswedan. Medcom.id/Anggi Tondi
Capres NasDem Anies Baswedan. Medcom.id/Anggi Tondi

Ini Sosok Pengganti Anies Baswedan Versi Survei KPN

Hendrik Simorangkir • 04 Oktober 2022 21:55
Tangerang: Kajian Politik Nasional (KPN) melakukan survei terkait sosok yang berpeluang meneruskan kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Hasil survei itu menggambarkan sebagian besar warga Jakarta tidak mengetahui jabatan Anies berakhir pada Oktober 2022.
 
"Kami melakukan survei terhadap calon Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta. Sebanyak 66 persen warga Jakarta tidak tahu Anies dan Riza Patria akan berakhir Oktober ini. Sedangkan 34 persen mengetahui masa jabatan berakhir," kata Direktur Eksekutif KPN, Adib Miftahul, Selasa, 4 Oktober 2022.
 
Baca: Survei: Elektabilitas Anies Masuk 3 Besar, Bersaing dengan Prabowo

Adib menjelaskan pihaknya menyodorkan pertanyaan terkait nama yang akan dipilih sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta masa tugas 2022-2024, yakni Heru Budi Hartono, Bahtiar, dan Maralullah Matali. Sebanyak 42 persen responden memilih Bahtiar untuk memimpih DKI Jakarta sebagai Pj Gubernur.  
 
"Sementara 26 persen responden memilih Marullah Matali, 7 persen Heru Budi Hartono, dan 25 persen responden tidak menjawab," jelasnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adib menuturkan banyaknya pilihan publik pada Bahtiar lantaran 26 persen responden menghendaki Pj Gubernur DKI Jakarta sosok yang netral dari kepentingan politik, 12 persen menghendaki netral dari polarisasi masa lalu. Sementara 34 persen menginginkan sosok yang ramah dan merakyat.
 
"Sebanyak 26 persen responden menghendaki Pj Gubernur DKI Jakarta netral dari kepentingan politik. Ini kata kunci dari survei ini. Angka tersebut merujuk kepada sosok Bahtiar yang latarbelakang birokrat dan bisa menjadi jembatan antara kepentingan Pemprov DKI Jakarta dengan pemerintah pusat," ungkapnya.
 
Adib menambahkan peta politik di DKI Jakarta sejak medio 2017 kental dengan politik identitas, sehingga harapan publik pun tercermin dari angka 12 persen Pj Gubernur DKI Jakarta netral dari polarisasi masa lalu.
 
"Dari tiga sosok calon Pj Gubernur DKI Jakarta sangat mudah dianalisa, misalnya Heru kental dengan pusaran istana, Marullah dicap sebagai orangnya Anis Baswedan. Makanya sangat logis Bahtiar menjadi titik tengah yang dipilih warga DKI, karena mereka ingin merdeka dari polarisasi," ungkapnya.
 
Survei tersebut dilakukan kepada 600 responden di DKI Jakarta dengan metode Multistage Random Sampling yang dilakukan melalui kuesioner digital dan sambungan telepon. Margin error 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.
 
(DEN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif