Bawaslu Tangsel memeriksa Lurah Cipayung, Tomy Patria Edwardy. (Foto: Istimewa)
Bawaslu Tangsel memeriksa Lurah Cipayung, Tomy Patria Edwardy. (Foto: Istimewa)

Bawaslu: Lurah Cipayung Melanggar UU ASN

Nasional pelanggaran etik ASN
Farhan Dwitama • 11 Mei 2020 16:13
Tangerang: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tangerang Selatan, Banten, menjatuhkan sanksi terhadap Lurah Cipayung, Kecamatan Ciputat, Tangsel, Tomy Patria Edwardy, lantaran diduga menjadi salah satu pengurus organisasi sayap partai politik, Bintang Muda Indonesia (BMI).
 
Anggota Bawaslu Tangsel, Ahmad Jajuli, mengatakan, Tomy yang juga berstatus sebagai aparatur sipil negara (ASN) sekaligus bakal calon Wali Kota Tangsel, diduga melanggar Undang-undang ASN.
 
"Setelah melakukan kajian atas dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh bakal calon wali kota Tomy Patria yang juga Lurah Cipayung, Bawaslu memutuskan yang bersangkutan melanggar Undang-Undang ASN," tegas Jajuli, anggota Bawaslu Tangsel, Senin, 11 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jajuli mengungkapkan BMI berdasarkan hasil kajian, merupakan sayap Partai Demokrat. Atas dasar itu, pihaknya meneruskan tindakakan terhadap Tomy Patria ke Komisi Aparatus Sipil Negara (KASN) untuk ditindaklanjuti.
 
Baca juga:Pemprov Papua Imbau Pasutri Tunda Kehamilan
 
“Walaupun BMI organisasi masyarakat tapi berdasarkan hasil kajian, BMI adalah organisasi sayap partai. Yang bersangkutan melanggar Pasal 9 UU ASN, pegawai ASN harus bebas dari pengaruh dan intervensi semua golongan dan partai politik," terang Jajuli
 
“Selanjutnya kita serahkan ke KASN untuk masalah sanksinya,” sambung dia.
 
Sementara itu, Ketua DPD BMI Banten, Noor Ramdhoni Iwan Saputra, tak menampik status BMI sebagai sayap Partai Demokrat. Hal itu dikuatkan dengan kehadiran Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dalam deklarasi nasional BMI di Mamuju, Sulawesi, beberapa waktu lalu.
 
“Setelah dihadiri langsung oleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) BMI sangat dekat dengan Demokrat. Jikalau nanti menjadi sayap partai tentu ada proses yang harus dilalui untuk memenuhi kebutuhan tersebut,” kata Iwan.
 

(MEL)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif