Kawasan Malioboro, Yogyakarta terapkan normal baru dengan protokol kesehatan. (Foto: Medcom.id/Mustaqim)
Kawasan Malioboro, Yogyakarta terapkan normal baru dengan protokol kesehatan. (Foto: Medcom.id/Mustaqim)

Pengelola Malioboro Tambah Alat Pindai Suhu Tubuh

Nasional Virus Korona
Ahmad Mustaqim • 15 Agustus 2020 21:36
Yogyakarta: Unit Pelaksana Teknis (UPT) Malioboro Yogyakarta menyiapkan tambahan alat pindai suhu tubuh (thermogun). Langkah ini diambil menyusul libur panjang akhir pekan (long weekend) hingga 17 Agustus 2020.
 
"Kita sudah koordinasi dengan Wakil Wali Kota (Yogyakarta) soal penambahan thermogun. Khawatirnya ada penambahan atau lonjakan (jumlah wisatawan) lagi," kata Kepala UPT Malioboro, Ekwanto, saat dihubungi, Sabtu, 15 Agustus 2020.
 
Baca: Kesembuhan Pasien Covid-19 di Lampung 75 Persen

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ekwanto mengatakan thermogun yang sebelumnya digunakan hanya dua unit setelah delapan unit sudah rusak. Thermogun yang mulai dipakai pekan ini total 10 unit.
 
Ia mengatakan penambahan jumlah thermogun diharapkan bisa mempercepat proses pengecekan suhu tubuh wisatawan yang masuk kawasan Malioboro. Ia menegaskan wisatawan tak bermasker dan bersuhu tubuh di atas 37,5 derajat selsius tak diperkenankan masuk.
 
Di sisi lain pihaknya mengantisipasi lonjakan jumlah wisatawan seperti akhir pekan lalu. Dari biasanya berkisar 600-an wisatawan menjadi lebih daro 1.500 wisatawan.
 
"Kami kerahkan 36 Jogoboro (petugas jaga Malioboro) di lima zona. Ini akan diba tu Satpol PP dan Dinas Perhubungan dalam mengurai kerumunan," ungkapnya.
 
Ia menambahkan jumlah kunjungan wisata di Malioboro dibatasi dalam satu waktu sebanyak 2.500 orang. Dari lima zona yang disiapkan, setiap zona dibatasi maksinal 500 orang.
 
"Kita edukasi bergeser kalau sampai volume segitu. Kita Punya radio juga. Sebelum setiap zona penuh, kita kasih pengumuman," ujarnya.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif