Humas Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumenep Ferdiansyah Tetrajaya
Humas Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumenep Ferdiansyah Tetrajaya

Sumenep Berstatus Risiko Rendah Covid-19

Nasional Virus Korona
Rahmatullah • 14 Agustus 2020 17:43
Sumenep: Peta sebaran Covid-19 untuk Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, yang sebelumnya berstatus zona oranye (resiko sedang) sekarang telah menjadi zona kuning (resiko rendah). Perubahan status zona di daerah itu sudah terjadi sejak 12 Agustus 2020 lalu.
 
"Dari 27 kecamatan di Kabupaten Sumenep, 11 kecamatan sudah zona hijau, 2 oranye dan 14 kecamatan zona kuning. Dari keseluruhan itu sesuai peta epidemiologi Provinsi Jawa Timur, Sumenep sudah berstatus zona kuning," kata Humas Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumenep Ferdiansyah Tetrajaya, Jumat, 14 Agustus 2020.
 
Ia mengatakan, perubahan status zona covid-19 pada suatu daerah harus melalui 15 indikator salah satunya mengenai angka terkonfirmasi positif, kesembuhan dan meninggal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mengenai penentuan perubahan status zona itu, lanjut Ferdiansyah, menjadi kewenangan Pemerintah Pusat. Sebab untuk daerah bersifat mengirim data kasus.
 
"Jumlah kasus terkonfirmasi positif di Kabupaten Sumenep 246 kasus. Dari jumlah itu 215 orang sembuh dan 9 orang meninggal. Jadi tersisa 12 pasien yang masih menjalani perawatan," ungkapnya.
 
Kepala Diskominfo Kabupaten Sumenep ini menyebutkan, untuk pasien yang masih menjalani perawatan medis ini tidak semuanya berada di Sumenep.
 
"Ada yang di luar Kabupaten Sumenep. Itu karena pasien melakukan swab test disana dan diketahui positif langsung dilakukan perawatan," jelas Ferdiansyah.
 
Ferdiansyah Tetrajaya mengimbau, meski sekarang Kabupaten Sumenep telah berubah menjadi zona kuning dan angka kesembuhan meningkat, namun masyarakat harus tetap menerapkan protokol kesehatan. Ketentuan ini menjadi keharusan untuk menghindari penyebaran covid-19.
 
(ALB)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif