NEWSTICKER
Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)

Pemkab Jepara Alokasikan Rp5 Miliar untuk Penanganan Covid-19

Nasional Virus Korona
Rhobi Shani • 26 Maret 2020 17:15
Jepara: Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, mengalokasikan anggaran Rp5 miliar guna penanganan pandemik covid-19. Saat ini, sebanyak Rp1,2 miliar telah dibelanjakan untuk membeli alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis.
 
“Kami juga butuh dukungan dari OPD (organisasi perangkat daerah) atau lembaga lainnya. Dampak virus ini menyebar ke berbagai aspek kehidupan dan perlu ditangani sesuai dengan tupoksinya masing-masing,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara, Mudrikatun, Kamis, 26 Maret 2020.
 
Menurut Mundrikatun, ketersediaan APD dalam penanganan virus korona menjadi fokus utama. Karena itu, kata dia, pihaknya siap jika harus menggeser anggaran untuk penanganan korona.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Mari kita sama-sama fokus untuk ini. Harus dilakukan bersama-sama, karena dampak virus ini pada kenyataannya memang meliputi berbagai aspek,” ungkapnya.
 
Baca juga:Warga Pamulang Pilih Menyemprot Disinfektan Sendiri
 
Disisi lain, penanggulangan virus korona juga dilakukan dengan penyemprotan disinfektan. Hingga saat ini sudah 232 titik didisinfeksi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jepara.
 
Tiap hari, imbuh Kepala BPBD Jepara, Arwin Nur Isdiyanto, rata-rata ada 65 titik yang disemprot. Ada 125 relawan yang diterjunkan untuk melakukan penyemprotan disinfektan.
 
“Ini masih ada 116 titik yang minta disemprot,” ungkapnya.
 
Menurut dia, cairan disinfektan yang disemprotkan diracik sendiri. Komposisinya setiap 25 liter air bersih dicampur dengan 750 mililiter cairan pemutih baju. Untuk mengurangi aroma yang pekat, ditambah dengan pewangi deterjen.
 
“Harapan kami ke depan masyarakat bisa melakukannya sendiri di rumah-rumah. Kami akan memberikan pelatihan cara pembuatan hingga penyemprotan,” pungkasnya.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif