ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Jumlah Pendonor Darah di PMI Tangsel Turun

Nasional Virus Korona
Farhan Dwitama • 24 Maret 2020 19:29
Tangerang: Palang Merah Indonesia (PMI) Tangerang Selatan mencatat ada penurunan jumlah pendonor darah semenjak merebaknya virus korona covid-19. Sebelum virus korona merebak ada 20 kantong darah yang didonorkan perharinya, namun saat ini hanya sekitar 10 kantong.
 
"Memang ada penurunan, karena imbauan social distancing, menyebabkan ada kesadaran masyarakat untuk tidak berkumpul," kata Kepala UPT PMI Kota Tangsel, Suhara Manullang, di Tangerang Selatan, Selasa, 24 Maret 2020.
 
Suhara mendorong masyararkat tetap mendonorkan darahnya di tengah pandemi covid-19. Saat ini jumlah pendonor di Tangsel menurun, sementara permintaan tinggi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Melihat kondisi itu Suhara mengkhawatirkan keterbatasan yang ada, pasalnya di saat bersamaan ini, terjadi peningkatan pasien DBD di Tangerang Selatan. Suhara memastikan penyebaran virus korona tidak akan ditularkan dari darah yang didonorkan.
 
"Sementara untuk penularan itu tidak ada sama sekali, darah menular itu beda. Kemudian dari sisi lain penyakit lain DBD meningkat dan butuh darah. Pendonoran ini kita punya protap bisa datang ke kantor, atau mobil khusus kita datang," jelas Suhara.
 
Guna memenuhi kebutuhan darah yang tinggi, pihaknya saat ini mengeluarkan edaran kepada rumah sakit yang telah bekerjasama, untuk meminta donor pengganti kepada keluarga pasien yang menggunakan darah atau trombosit.
 
"Kita bikin strategi membuat edaran ke direktur rumah sakit, supaya kalau rumah sakit minta darah, minta donor pengganti dari keluarga (pasien). Kita juga beri pemahaman keluarga," pungkas Suhara.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif