NEWSTICKER
Kepala Pelayanan Medis Dinas Kesehatan Tangsel, Imbar Umar Ghazali, di Tangerang Selatan, Senin, 16 Maret 2020. Medcom.id/ Farhan Dwitama
Kepala Pelayanan Medis Dinas Kesehatan Tangsel, Imbar Umar Ghazali, di Tangerang Selatan, Senin, 16 Maret 2020. Medcom.id/ Farhan Dwitama

Dinkes Tangsel Sebut 31 Warganya Dalam Pemantauan Korona

Nasional Virus Korona
Farhan Dwitama • 16 Maret 2020 18:54
Tangerang: Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan, mengakui ada 31 warganya berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) virus korona. Namun Pemkot Tangsel mengakui kesulitan dengan pola penanganan yang semuanya terpusat di Jakarta.
 
"Di Tangsel masih ada 31 orang ODP," kata Kepala Bidang Pelayanan Medis Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Imbar Umar Ghazali, di Balaikota Tangsel, Senin, 16 Maret 2020.
 
Imbar menjelaskan dalam penanganan ODP korona di Tangsel, pihaknya mengalami kesulitan dalam upaya mendeteksi secara dini adanya virus korona. Menurut Imbar yang menyulitkan adalah terbatasnya kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) dan upaya tindakan yang tersentralisasi di pemerintah pusat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Soal pelayanan, kesulitan kita karena pengambilan pemastian bahwa dia positif itu kan dibuktikan dengan swab tenggorokan, ketentuan swab tenggorok itu kan masih di pusat di Litbangkes," jelas Imbar.
 
Imbar menerangkan meski pihaknya sudah melakukan upaya seperti pemantauan terhadap warga yang pulang dari luar negeri dan warga yang pernah ada kontak langsung dengan orang yang positif korona, namun pihaknya masih belum bisa memastikan dengan cek medis terhadap warga itu.
 
"Kita berburu kecepatan kecurigaan. Yang masih gejala flu yang dicurigai. Tapi tetap masih kesulitan di pengambilan swab," ungkap Imbar.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif