Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mencoba becak motor listrik yang dipamerkan pada pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, di Medan, Sumatera Utara, Rabu (23/10/2019). ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi
Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mencoba becak motor listrik yang dipamerkan pada pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, di Medan, Sumatera Utara, Rabu (23/10/2019). ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi

Dishub DIY Mengantongi Izin Produksi Becak Listrik

Nasional becak motor
Patricia Vicka • 28 November 2019 21:22
Yogyakarta: Pemda DIY mengantongi izin dari Kementerian Perhubungan untuk memproduksi becak kayuh dengan tenaga penguat alternatif atau becak listrik. Dalam surat rekomendasi ini dijelaskan konsep pembuatan becak listrik harus sesuai dengan standar hasil kajian Pusat Studi Inovasi Otomotif Universitas Gadjah Mada (UGM).
 
Kabid Pengendalian dan Operasi Dinas Perhubungan DIY, Harry Agus Triono, mengatakan surat rekomendasi dari kemenhub nomor AJ.005/3/5/DJPD/2019 tentang produksi becak listrik diterima Pemda DIY pada awal November 2019.
 
"Dengan adanya surat itu memberi wewenang kami untuk memproduksi becak listrik," kata Harry di Yogyakarta, Kamis, 28 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Harry menjelaskan bentuk becak listrik nantinya hampir sama dengan becak kayuh. Hanya ditambahkan listrik pada salah satu bagian untuk membantu daya dorong dan kecepatan tempuh.
 
"Kecepatan enggak boleh lebih dari 20 km perjam. Standar keamanan dan bentuknya harus seperti hasil kajian UGM," jelas Harry.
 
Kepala Dinas Perhubungan DIY, Sigit Sapto, mengatakan pihaknya mulai memproduksi becak listrik pada 2020. Pada tahap awal, Dinas Perhubungan DIY mulai uji coba becak listrik ke komunitas pengemudi becak motor pada awal November 2019
 
"Kita sudah pinjamkan dua becak listrik ke Paguyuban Becak motor Yogyakarta (PBMY) 2 minggu lalu untuk dicoba," kata Sigit.
 
Selanjutkan Dishub akan membahas proses dan slema pembiayaan pembuatan becak listrik.
 
Nantinya becak listrik akan menggantikan keberadaan becak motor secara perlahan. Penempatan becak listrik ini terbatas di daerah wisata seperti di kawasan Malioboro dan Kompleks Keraton Yogyakarta.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif