Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

Jateng Raup Rp3,8 Triliun dari Sektor Pajak Kendaraan Bermotor

Nasional pajak kendaraan
Mustholih • 13 November 2019 18:34
Semarang: Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menghimpun pendapatan Rp3,8 triliun dari sektor pajak kendaraan bermotor per-Oktober 2019. Perolehan tersebut diklaim sudah mencapai 84 persen dari target Rp4,5 triliun yang harus dibukukan pada akhir tahun.
 
"Kami optimistis hingga akhir tahun pendapatan dari sektor pajak kendaraan bermotor dapat tercapai," kata Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Jawa Tengah, Tavip Supriyanto di Semarang, Jawa Tengah, Rabu, 13 November 2019.
 
Tavip menjelaskan Pemerintah Provinsi juga telah menghimpun pendapatan Rp2,8 triliun dari sektor balik nama kendaraan. Targetnya pendapatan yang dicapai dari sektor ini pada 2019 sebesar Rp3,4 triliun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk menggenjot pendapatan dari dua sektor pajak itu, Provinsi Jawa Tengah membuat pelayanan berbasis elektronik. Dengan layanan ini, masyarakat Jateng bisa lebih mudah membayar pajak kendaraan bermotor. "Sekarang bayar pajak sambil tidur pun bisa. Di mana saja bisa bayar pajak," jelas Tavip.
 
Menurut Tavip, per-Oktober 2019, Pemerintah Provinsi juga mencatat data tunggakan pajak Rp362,28 miliar. Tavip mengatakan akan menggelar gebyar hadiah Samsat untuk mendongkrak tingkat kepatuhan warga membayar pajak kendaraan bermotor.
 
Tavip berujar kegiatan itu akan diselenggarakan pada 23 hingga 25 November 2019 di Semarang, Jawa Tengah. "Akan ada pengundian berhadiah dengan total 47 unit sepeda motor dan dua unit mobil," pungkas Tavip.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif