Ilustrasi kabut asap akibat karhutla. (ANT/Wahdi Septiawan)
Ilustrasi kabut asap akibat karhutla. (ANT/Wahdi Septiawan)

Kabut Asap Selimuti Sebagian Wilayah Mukomuko

Nasional kabut asap
Antara • 15 Agustus 2019 15:15
Mukomuko: Kabut asap mulai menyelimuti sebagian wilayah Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Kamis, 15 Agustus 2019. Sehingga jarak pandang pengedara sepeda motor dan mobil terganggu pada Kamis pagi.
 
Kabid Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko Erwin menerangkan kabut asap yang menyelimuri Mukomuku hanya berlangsung sesaat pada Kamis pagi. Setelah itu kabut asap hilang.
 
"Kabut asap ini sesaat dan pengaruhnya juga tidak begitu signifikan terhadap masyarakat. Pengaruhnya tidak sampai membuat jarak pandang kendaraan menjadi pendek," ujarnya, melansir Antara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menerangkan kabut asap yang menyelimuti Mukomuko belum berpengaruh besar terhadap kesehatan masyarakat. Salah satunya penyakit infeksi saluran pernasapan akut.
 
Erwin menyatakan pihaknya akan bertindak apabila kabut asap yang menyelimuti sebagian Mukomuko berpengaruh terhadap pengendara dan kesehatan masyarakat. Ia memastikan kabut asap yang menyelimuti sebagian Mukomuko bukan berasal dari kebakaran lahan gambut dan hutan di wilayahnya.
 
"Diduga kabut asap dari daerah lain. Biasanya kalau ada titik api di daerah ini, pihak BMKG segera menginformasikan kepada BPBD setempat, kemudian instansinya yang akan mengecek lokasi titik api," ujarnya.
 
Erwin mengatakan masyarakat setempat, terutama petani kebun kelapa sawit semakin waspada karhutla. Para petani membangun siring untuk mencegah meluasnya kebakaran.
 
"Mereka membangun siring untuk mengeringkan lahan gambut yang ditanami kebun kelapa sawit, untuk mencegah tanamannya terbakar dan air siring bisa digunakan untuk memadamkan api," ujarnya.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif