Beberapa orang yang berkumpul di depan Asrama Papua Makassar, Sulawesi Selatan, sebelum bentrokan terjadi. Istimewa
Beberapa orang yang berkumpul di depan Asrama Papua Makassar, Sulawesi Selatan, sebelum bentrokan terjadi. Istimewa

Asrama Papua di Makassar Diserang Orang Tak Dikenal

Nasional unjuk rasa Kerusuhan Manokwari
Muhammad Syawaluddin • 19 Agustus 2019 20:15
Makassar: Asrama Papua di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, diserang sekelompok orang tidak dikenal. Asrama Papua yang terletak di Jalan Lanto Dg Pasewang tersebut diserang sekitar pukul 19.00 Wita.
 
Dari pantauan Medcom.id saat ini puluhan mahasiswa Papua duduk di tengah jalan tepat di depan Rumah Sakit Dadi, Sulawesi Selatan. Puluhan hingga ratusan personel bersenjata lengkap berjaga-jaga di lokasi.
 
Belum diketahui penyebab terjadinya serangan sekelompok orang tersebut. Namun, batu tampak berhamburan di sepanjang jalan Lanto Dg Pasewang. Pecahan botol kaca juga bertebaran di jalan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Masyarakat sekitar saat ini masih berkeliling menjaga Asrama Papua. Dua barracuda milik Polrestabes Makassar mengangkut dan mengevakuasi mahasiswa asal Papua juga terlihat.
 
Dari informasi yang diperoleh, sekelompok masyarakat datang ke Asrama Papua untuk bertemu dengan mahasiswa Papua. Namun, bentrokan terjadi antara kedua kubu tersebut.
 
Sejumlah kaca Asrama Papua tersebut pecah diduga karena lemparan batu dari kelompok orang tidak dikenal tersebut. Hingga saat ini, awak media tidak diperkenankan untuk mendekat dan mengambil gambar. Sementara pihak kepolisian belum bisa dimintai keterangan terkait penyerangan itu.
 
Baca: Masyarakat Diimbau tak Sebarkan Video Kerusuhan di Papua
 
Sebelumnya, sejumlah pemuda yang mengatasnamakan diri Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) sebelumnya terlibat bentrok dengan warga sekitar di Perempatan Rajabali, Kota Malang, Jawa Timur, Kamis, 15 Agustus 2019 sekitar pukul 08.30 WIB.
 
Bentrokan terjadi ketika para mahasiswa Papua ini melakukan unjuk rasa memperingati 57 tahun perjanjian New York, dengan tema 'Amerika Serikat Harus Bertanggung Jawab Atas Penjajahan di West Papua'.
 
Di sela-sela aksi, terjadi keributan antara mahasiswa Papua dengan warga sekitar. Sempat terjadi bentrokan dan aksi saling lempar batu antara warga yang berusaha mencegah aksi unjuk rasa dari massa AMP.
 
Kerusuhan bergeser ke Surabaya pada Jumat, 16 Agustus dan Sabtu 17 Agustus 2019 akibat isu perusakan tiang bendera merah putih di lingkungan asrama mahasiswa Papua. Hingga hari ini, Senin, 19 Agustus 2019, kerusuhan memuncak di Manokwari, Papua Barat, dan Jayapura, Papua.
 
Kerusuhan pecah di Papua Barat. Lalu lintas di sejumlah jalan di Manokwari, Papua Barat, lumpuh akibat diblokade massa. Mereka memprotes insiden dugaan kekerasan dan pengusiran mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya, Jawa Timur, Kamis, 15 Agustus 2019.
 
Suasana semakin panas setelah sejumlah konten berisi dugaan penyerangan mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya, tersebar via media sosial. Massa menganggap narasi tersebut merupakan diskriminasi warga Papua di tanah Jawa.
 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif