Satgas Karhutla sedang berupaya memadamkan api di Kabupaten OKI. Dokumentasi/ Istimewa
Satgas Karhutla sedang berupaya memadamkan api di Kabupaten OKI. Dokumentasi/ Istimewa

Status Tanggap Darurat Karhutla di Sumsel Segera Dicabut

Nasional kebakaran hutan
Gonti Hadi Wibowo • 02 November 2019 21:00
Palembang: Beberapa wilayah di Sumatera Selatan yang mulai diguyur hujan berdampak pada berkurang drastisnya titik hotspot Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Sumsel. Bahkan Pemerintah Provinsi Sumsel bakal mencabut status tanggap darurat yang akan berakhir pada 10 November 2019 mendatang.
 
Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel, Ansori, mengatakan hingga hari ini masih ada 188 hotspot di beberapa wilayah Sumsel. Jumlah tersebut jauh berkurang dari pertengahan Oktober lalu yang mencapai 500.
 
"Pada 27 Oktober lalu hingga hari ini beberapa wilayah Sumsel mulai diguyur hujan sehingga membuat titik hotspot jauh berkurang, bahkan kemarin titik hotspot angkanya di bawah 50," kata Ansori saat dikonfirmasi, Sabtu, 2 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dengan mulai diguyur hujan beberapa wilayah Sumsel, membuat Pemprov Sumsel berencana tidak akan memperpanjang masa tanggap darurat Karhutla lantaran wilayah Sumsel sudah mulai masuk musim penghujan. "Jika masa tanggap darurat berakhir maka petugas yang ada di lapangan itu akan ditarik semua," jelas Ansori.
 
Saat ini titik hotspot yang masih banyak terjadi di Kabupaten OKI, Ogan Ilir, Musi Banyuasin, dan Banyuasin. Sedangkan titik hotspot di kota Palembang mulai menghilang.
 
"Untuk di OKI memang hujan turunnya sedikit terlambat hal ini yang membuat titik hotspot sediki berkurang. Apalagi di OKI banyak gambut jika intensitas hujan tidak besar makan maka api bisa muncul kembali. Sedangkan untuk di Palembang saat ini sudah clear dari kabut asap," pungkas Ansori.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif