Pemadaman manual kebakaran Gunung Semeru. Foto: Dok. Balai Besar TNBTS
Pemadaman manual kebakaran Gunung Semeru. Foto: Dok. Balai Besar TNBTS

11,4 Hektare Hutan di Gunung Semeru Terbakar

Nasional kebakaran hutan
Daviq Umar Al Faruq • 20 September 2019 22:49
Malang: Kebakaran hutan di kawasan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tenger Semeru (TNBTS) semakin meluas. Hingga hari ini, Jumat, 20 September 2019, api yang menjalar di lereng Gunung Semeru tersebut telah melalap hutan hingga 11,4 hektare (ha).
 
Kepala Balai Besar TNBTS John Kenedie mengatakan pihaknya telah melakukan pemadaman selama tiga hari terakhir. Hari ini, pemadaman dimulai sejak pukul 08.00 WIB.
 
"Jarak lokasi sumber air ke titik api sekitar dua kilometer. Luas kebakaran dan yang dipadamkan 11,4 hektare," beber dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Personel gabungan diturunkan untuk pemadaman kali ini. Mulai dari anggota Resort Pengelola Taman Nasional (PTN) Senduro, Polhut Seksi PTN Wilayah III TNBTS, Tenaga Pengamanan Hutan Lainnya (TPHL) Seksi PTN Wilayah III TNBTS, Masyarakat Peduli Api (MPA) Resort PTN Senduro, tenaga upah lingkup SPTN Wilayah III dan masyarakat.
 
"Jenis kebakaran di permukaan. Peralatan yang dikerahkan kendaraan roda dua sebanyak empat unit, dan alat gepyok dari ranting-ranting pohon akasia," kata dia.
 
Sejumlah tanaman terdampak kebakaran seperti semak belukar berupa krinyu, anting-anting, teh-tehan, rumput merak, putihan dan semak hutan lainnya.
 
John menjelaskan kondisi terakhir kebakaran, di beberapa lokasi titik api sudah tidak terlihat lagi. Namun kepulan asap dari tonggak-tonggak kayu yang terbakar masih terlihat.
 
"Rencana selanjutnya tim akan terus melakukan pemantauan dengan cara berpatroli di sekitar lokasi atau blok-blok yang rawan terjadi kebakaran," pungkas dia.
 

(SCI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif