Wali Kota Malang, Sutiaji. (Foto: Medcom.id/Daviq Umar)
Wali Kota Malang, Sutiaji. (Foto: Medcom.id/Daviq Umar)

Pelayanan Kesehatan di Malang Dituntut Optimal

Nasional BPJS Kesehatan
Daviq Umar Al Faruq • 30 Oktober 2019 12:31
Malang: Wali Kota Malang, Sutiaji, menuntut seluruh rumah sakit dan puskesmas di Malang mengoptimalkan seluruh pelayanan kesehatan. Termasuk memberlakukan layanan berbasis digital sebagai bagian dari transparansi pelayanan.
 
"Saya ingin semua sarana dan fasilitas yang dimiliki masing-masing rumah sakit dan puskesmas dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat. Seperti ketersediaan kamar serta dokter yang harus diperbarui setiap saat, agar masyarakat dapat terlayani dengan baik," katanya, Rabu, 30 Oktober 2019.
 
Sutiaji mengingatkan seluruh Direktur Rumah Sakit dan Kepala Puskesmas di Kota Malang untuk meminimalisasi keluhan masyarakat terkait pelayanan. Seperti, peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang kerap ditolak dengan alasan kamar penuh.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Itulah gunanya transparansi agar pelayanan kepada masyarakat dapat dilakukan dengan baik. Sehingga sinkronisasi antara puskesmas dan rumah sakit harus berjalan kondusif," tegasnya.
 
Senada, Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Supranoto, mengatakan setiap puskesmas dan rumah sakit harus memahami betul Sistem Rujukan dan Sosialisasi Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 30 Tahun 2019 tentang Klarifikasi dan Perizinan Rumah Sakit. Guna meningkatkan sinkronisasi sistem rujukan dari puskesmas ke rumah sakit dalam peningkatan pelayanan.
 
"Baik secara administrasi maupun teknis pelaksanaannya harus kita atur dengan benar. Administrasi yang rumit dan menyusahkan harus dipangkas dan disederhanakan. Itu tujuan kita," imbuh dia.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif