ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Pemprov Sulsel Tutup Pengiriman Ternak dari Wilayah Tertular PMK

Nasional Peternakan Hewan Ternak penyakit menular sapi
Muhammad Syawaluddin • 11 Mei 2022 20:14
Makassar: Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menutup masuknya hewan ternak yang berasal dari wilayah-wilayah dengan kasus penyakit mulut dan kuku (PMK). Hal itu untuk mengindari penyebaran meluas ke Sulawesi Selatan.
 
Kepala Bidang Kesehatan Hewan (Keswan) dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulsel, Syamsul Bahri, mengatakan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak untuk mengantisipasi penyebaran PMK di Sulawesi Selatan.
 
"Jadi kita melalui surat edaran gubernur tanggal 9 Mei 2022 kemarin sudah diedarkan termasuk dinas perhubungan dan kesyahbandaran," kata Syamsul di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu, 11 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Pemkab Boyolali Gelar Penyemprotan Disinfektan Cegah Wabah PMK
 
Dia juga mengatakan pintu-pintu masuk dan keluar untuk sementara mereka tutup, khususnya wilayah-wilayah yang penyebaran PMK cukup besar, seperti di Jawa Timur, sehingga penyebaran penyakit hewan itu tidak masuk ke Sulawesi Selatan.
 
"Kalau daerah tertular seperti Jawa Timur itu sudah kita tutup dan sudah ada komitmen karantina," jelas Syamsul.
 
Ia mengatakan untuk saat ini hewan yang paling banyak masuk ke Sulawesi Selatan berasal dari Nusa Tenggara Timur. Hanya, sebagai bentuk antisipasi pihaknya melakukan pengetatan pemeriksaan terhadap hewan yang akan masuk.
 
"Oleh karena itu kita perketat di Jeneponto, Bantaeng untuk pemasukan lebih diperiksa betul-betul," ungkapnya.
 
Sebagai bentuk antisipasi, pihaknya juga melakukan vaksinasi dan pengobatan terhadap hewan serta memberikan vitamin. Pihaknya juga memperbaiki keamanan baik untuk peternak dan para pelaku usaha. Dengan menyarankan tidak boleh mengunjungi apabila ada ternak yang sakit.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif