Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Alasan Positif Covid-19 di Surabaya Raya Melonjak

Nasional Virus Korona
Anggi Tondi Martaon • 02 Juni 2020 02:07
Jakarta: Kasus positif korona di Jawa Timur (Jatim) mengalami peningkatan signifikan, terutama di Surabaya Raya. Terdapat sisi positif dan negatif akibat peningkatan tersebut.
 
"Pertama mungkin karena rendahnya kepatuhan masyarakat," kata Pakar epidemiologi Pandu Riono dalam program Prime Time News di Metro TV, Senin, 1 Juni 2020.
 
Sementara sisi positifnya yaitu peningkatan pengawasan penyebaran virus korona. Sehingga pelacakan penyebaran bisa dilakukan maksimal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sehingga langsung mengidentifikasi klaster-klaster yang begitu banyak di Surabaya," kata dia.
 
Pakar epidomoligi dari Universitas Indonesia itu mengatakan peningkatan pengawasan dianggap bagus meski temuan kasus positif melonjak tajam beberapa waktu belakangan. Penanganan cepat diharapkan bisa dilakukan untuk menghentikan penyebaran virus korona.
 
"Dengan demikian diharapkan kalau menurun maka lebih konsisten. Ini benar-benar sumbangsih dari kegiatan testing," ujar dia.
 
Baca: Klaster Penyebaran Korona di Jatim Mencapai 84
 
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut Jatim memerlukan perhatian khusus dalam penanganan korona (covid-19). Perhatian ini terkait peningkatan signifikan jumlah kasus baru virus korona di sana.
 
"Pak Menteri Kesehatan (Terawan Agus Putranto) juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (Doni Monardo) betul-betul saya minta Jawa Timur jadi perhatian," kata Jokowi dalam rapat terbatas (ratas) 'Percepatan Penanganan Pandemi Covid-19' di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, 27 Mei 2020.
 
Total 3.939 warga Jatim terjangkit virus korona per Selasa, 26 Mei 2020. Jokowi meminta langkah-langkah pencegahan dan pengendalian penularan virus di sana dipercepat.
 

(JMS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif