Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

3 Penambang Hilang Saat Longsor di Pendulangan Emas Ilegal

Nasional tanah longsor
Denny S • 06 Mei 2019 11:22
Banjarmasin: Satu penambang emas di Kecamatan Sungai Durian, Kabupaten Kotabaru, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, tewas tertimbun longsor di pendulangan tradisional. Sementara tiga pekerja lainnya belum ditemukan.
 
"Longsor terjadi pada Sabtu, 4 Mei, di area pendulangan wilayah Gunung Puncak, Desa Buluh Kuning, sebelumnya hujan deras sempat mengguyur kawasan tersebut beberapa hari terakhir," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotabaru, Rusian Ahmadijaya, Senin 6 Mei 2019.
 
Rusian menuturkan, seorang pekerja tambang, Syahruni, 25, telah ditemukan tewas tertimbun longsor. Sedangkan tiga korban lainnya, yakni Misdi, 35; Ali, 30 dan Tatung, 40 belum ditemukan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Semua korban adalah pekerja tambang emas yang berasal dari Desa Bungur, Kabupaten Tapin," jelas Rusian.
 
Kepala BPBD Kalimantan Selatan, Wahyudin Ujud, mengatakan, upaya evakuasi masih dilakukan Tim SAR dan masyarakat di sekitar lokasi longsor. Dia mengungkap, dari laporan yang diterima ada lima pekerja yang hendak menambang pada siang hari.
 
"Tiba-tiba tebing bukit di sekitar lokasi tambang longsor dan menyeret korban bernama Syahruni," imbuhnya.
 
Dia melanjutkan, ke empat pekerja mencoba membantu menyelamatkan Syahruni. Namun, tebing di sekitar pendulangan setinggi 50 meter kembali longsor dan menimbun tiga pekerja lainnya.
 
"Hanya seorang penambang bernama Sugeng yang berhasil menyelamatkan diri dan kemudian melaporkan peristiwa ini kepada warga setempat," jelasnya.
 
Wahyudin menerangkan, lokasi penambangan berada di pedalaman sehingga menyulitkan evakuasi. Menurutnya, tim harus berjalan kaki sekitar lima jam perjalanan untuk mencapai lokasi longor dari Polsek Sungai Durian.
 
Pemprov Kalsel melalui Dinas ESDM, akan melakukan penataan aktivitas pertambangan tradisional di wilayah. Lantaran, sering terjadinya longsor di kawasan tersebut.
 
Meratus yang membentang di 10 kabupaten di Kalsel kaya akan sumber daya alam mineral termasuk emas. Sejumlah wilayah banyak memunculkan aktivitas pertambangan emas ilegal di kawasan hutan.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif