Banjir merendam sebagian wilayah Sulsel. Istimewa
Banjir merendam sebagian wilayah Sulsel. Istimewa

Pemprov Sulsel Buka Posko Siaga Bencana Banjir

Nasional bencana longsor bencana banjir
ant • 23 Januari 2019 16:27
Makassar: Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan membuka posko kesehatan 24 jam khususnya wilayah kejadian atau terdampak bencana banjir dan krisis kesehatan di wilayah tersebut. Upaya itu dilakukan sebagai kesiap siagaan mengantisipasi dampak kesehatan dari cuaca ektrem di Sulsel.
 

"Kami fokus meningkatkan layanan kesehatan khususnya kepada masyarakat terdampak bencana dan krisis kesehatan," kata Plt Kadis Kesehatan Sulawesi Selatan Bachtiar Baso, Rabu, 23 Januari 2019.
 
Peningkatan kesiapsiagaan bidang kesehatan tersebut, kata dia, agar dinas kesehatan kabupaten/kota mempersiapkan Sumber Daya Manusia, sarana prasarana kesehatan dan logistik kesehatan. Selain itu, meningkatkan koordinasi lintas sektor dan integrasi lintas program bidang kesehatan dalam pelayanan korban bencana dan krisis kesehatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Termasuk mengantisipasi dan meningkatkan kewaspadaan penyakit potensi
KLB. "Selain itu, juga melaksanakan pencatatan dan pelaporan berjenjang kejadian dan perkembangan bencana/krisis kesehatan. Jumlah korban, jumlah pengungsi, kesiapan fasilitas dan SDM serta upaya upaya yang dilaksanakan," tambahnya.
 
Diberitakan sebelumnya, sebanyak delapan orang di Sulawesi Selatan meninggal akibat banjir yang menerjang wilayah tersebut, Rabu, 23 Januari 2019. Banjir diakibatkan hujan berintensitas tinggi dan gelombang pasang yang menyebabkan sungai-sungai meluap.
 
"Data sementara tercatat 53 kecamatan di 9 kabupaten/kota di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan yang mengalami banjir yaitu di Kabupaten Jeneponto, Gowa, Maros, Soppeng, Barru, Wajo, Bantaeng, Pangkep dan Kota Makassar," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, Rabu, 23 Januari 2019.
 
Selain delapan korban meninggal, empat orang dinyatakan hilang dan ribuan warga mengungsi ke tempat yang lebih aman.
 

 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi