Ilustrasi--Petugas kebersihan DLH Biak sedang melayani pembuangan sampah saat liburan Lebaran. ANTARA/Muhsidin
Ilustrasi--Petugas kebersihan DLH Biak sedang melayani pembuangan sampah saat liburan Lebaran. ANTARA/Muhsidin

Volume Sampah di Solo Naik 11% Selama Ramadan 2022

Triawati Prihatsari • 11 Mei 2022 15:57
Solo: Volume sampah di Kota Solo, Jawa Tengah, naik 11% jika dibanding hari biasa selama Ramadan 2022. Jika hari biasa volume sampah di Solo sekitar 300 ton per hari, jumlah tersebut naik menjadi 333 ton per hari selama Ramadan 2022.
 
"Kemudian pada empat hari pertama lebaran volume sampah menurun, hanya 176 ton per hari. Kemungkinan penyebabnya karena petugas sampah di kelurahan libur pada dua hari H lebaran," kata Kepala Bidang Bidang Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Solo, Arthaty Mulatsih, di Solo, Rabu, 11 Mei 2022.
 
Baca: Sultan HB X Bakal Berdialog dengan Warga Sekitar TPA Piyungan

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tidak hanya disebabkan petugas pengambil sampah yang libur, menurunnya jumlah ritasi yang masuk ke tempat pembuangan akhir (TPA) juga menjadi penyebab turunnya volume sampah pada empat hari pertama lebaran. Biasanya dalam sartu hari ritasi mobil sampah keluar masuk TPA mencapai 100 per hari, pada periode tersebut ritasi tidak mencapai 100.
 
Selain itu, rumah makan banyak yang tutup pada periode tersebut terutama saat hari H lebaran dan warga lebih banyak makan di rumah. Sebaliknya saat Bulan Ramadan kebanyakan masyarakat memilih untuk membeli makanan di luar.
 
"Selama Ramadan kemarin lebih banyak armasdaa pengangkut sampah yang turun juga. Mengikuti gaya hidup masyarakat banyak yang membeli makanan, mau tidak mau sampahnya meenjadi meningkat. Kalau membeli online, mau membawa wadah makan ssendiri kan ndak bisa," jelasnya.
 
Kemudian untuk saat ini, lanjutnya, volume sampah di Solo sudah mulai ke normal lagi. Selama Ramadan 2022, sampah di Solo didominasi jenis sampah rumah tangga.
 
"Selama Ramadan diudominasi sampah rumah tangga. Dan hari ke lima sudah mulai normal kembali volumenya, termasuk tingkat ritasi kendaraan pengangkut sampahnya," ungkapnya.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif