Kapolda Banten Irjen Rudy Heriyanto saat meninjau Dermaga 6 Eksekutif Pelabuhan Merak, Banten, Kamis, 28 April 2022. Medcom.id/ Hendrik Simorangkir
Kapolda Banten Irjen Rudy Heriyanto saat meninjau Dermaga 6 Eksekutif Pelabuhan Merak, Banten, Kamis, 28 April 2022. Medcom.id/ Hendrik Simorangkir

Kapolda Banten Minta Surat Perintah Berlayar Cepat Dikeluarkan

Nasional Mudik Lebaran Lebaran 2022 Info Mudik Mudik 2022
Hendrik Simorangkir • 28 April 2022 20:01
Tangerang: Kapolda Banten Irjen Rudy Heriyanto meninjau Dermaga 6 Eksekutif Pelabuhan Merak, Banten. Peninjauan tersebut guna memastikan arus lalu lintas dari Pelabuhan Merak ke Bakauheni bisa lebih lancar.
 
"Situasi sekarang masih bisa kita kendalikan walaupun masih ada antrean. Tetapi yang penting masyarakat harus tahu, kita sudah melakukan upaya-upaya agar arus lalu lintas orang dan barang dari Pelabuhan Merak ke Bakauheni bisa lebih lancar," kata Rudy di Pelabuhan Merak, Kamis, 28 April 2022.
 
Baca: Pemudik Diminta Tak Terlalu Lama di Rest Area, Maksimal 30 Menit

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rudy menuturkan jika ada beberapa kendala yang menyebabkan penumpukan kendaraan harus segera dikoordinasikan dengan pihak-pihak terkait. Salah satu antisipasinya pihaknya telah meminta ASDP untuk mengoptimalkan armada kapal yang ada.
 
"Memang kendalanya di Pelabuhan Merak kantong parkir sedikit, sehingga kita berlakukan buka tutup kendaraan di Cikuasa Atas. Kami juga sudah berkoordinasi dengan ASDP Merak dengan meminta penambahan kapal yang tadinya 34 kapal sekarang menjadi 40 kapal yang beroperasi," jelasnya.
 
Rudy menambahkan pihaknya sudah berkoordinasi ke Pelabuhan Bakauheni dengan meminta Dermaga IV dan V, hanya khusus dibuat bongkar saja. Hal itu, lanjutnya, agar mempercepat perjalanan kapal menuju ke Pelabuhan Merak untuk melakukan pemuatan.
 
"Khusus dermaga 4 dan 5 di Pelabuhan Bakauheni khusus pembongkaran saja tidak ada pemuatan. Maka dengan cara seperti itu kita bisa melakukan ritme dan kedatangan kapal semakin sering. Dengan begitu maka penumpukan kendaraan di kantong parkir bisa cepat diurai," ungkapnya.
 
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif