NEWSTICKER
Ilustrasi Medcom.id/ Syahmaidar
Ilustrasi Medcom.id/ Syahmaidar

Mentan Dorong Petani di Sulsel Gunakan Asuransi

Nasional pertanian
Muhammad Syawaluddin • 26 Januari 2020 11:06
Makassar: Kementerian Pertanian mendorong para petani di seluruh Indonesia untuk menggunakan asuransi pertanian. Asuransi untuk mengantisipasi adanya peristiwa yang tidak diinginkan seperti bencana banjir dan sebagainya.
 
Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, mengatakan pertanian merupakan sektor yang tidak akan mati karena setiap orang membutuhkan hasil pertanian. Bahkan di sektor ini tidak memiliki celah kerugian yang besar jika dikelola dengan baik.
 
"Bencana yang merendam areal pertanian sudah kita atasi. Tapi, kita dorong petani untuk gunakan asuransi. Sebagai antisipasi jika terjadi puso atau gagal panen akibat cuaca," kata Syahrul di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu, 25 Januari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian, Sarwo Edhy, menghimbau kepada seluruh petani untuk mengakses asuransi pertanian. Sebab dalam asuransi yang ditawarkan, petani bakal dibantu dengan subsidi.
 
Sarwo Edhy menjelaskan bahwa asuransi yang didorong oleh Kementan RI, bakal memberikan rasa aman dengan jaminan pergantian jika petani mengalami gagal panen.
 
Petani nantinya cukup membayar Rp36 ribu, tiap masa tanam dan selebihnya sebanyak Rp144 ribu dibayarkan oleh pemerintah. Sehingga saat gagal panen akibat cuaca atau bencana maka akan diberikan gantinya
 
"Pemerintah memberikan subsidi sehingga petani dibantu dalam pembayaran preminya. Jadi jika padi yang ditanam mengalami puso, karena kekeringan atau banjir maka akan diganti Rp6 juta tiap hektar untuk satu kali masa tanam," ungkap Sarwo.
 
Sedangkan bagi peternak yang telah mengikuti asuransi, pemerintah akan mengganti ternaknya yang mati atau hilang, misalnya sapi, kita akan ganti Rp10 juta per ekor, hanya dengan membayar premi sebesar Rp40 ribu, sementara sisanya, Rp160 ribu, akan dibayarkan oleh pemerintah.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif